Hafiza, Nur (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Pada Materi Zat Dan Perubahan Wujud Di SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI NUR HAFIZA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (165kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis problem based learning pada materi zat dan perubahan wujud sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah R&D (research and development) dengan model 4-D (define, design, develop, disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan video yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan bahwa video pembelajaran ini sangat layak digunakan dengan tingkat kevalidan 98% berdasarkan penilaian ahli materi dan media. Selain itu, uji coba pada 32 peserta didik menunjukkan respons positif dengan persentase 82%, yang mengindikasikan bahwa video ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi zat dan perubahan wujud. Video pembelajaran berbasis problem based learning memiliki keunggulan dalam meningkatkan keterlibatan siswa, memudahkan pemahaman konsep, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Oleh karena itu, video ini dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif dalam mata pelajaran fisika di tingkat SMP. This research aims to develop learning videos based on problem based learning on substances and changes in form as learning media. The method used is R&D (research and development) with a 4-D model (define, design, develop, disseminate). Validation is carried out by material experts and media experts to assess the suitability of the video being developed. The validation results show that this learning video is very suitable for use with a validity level of 98% based on the assessment of material and media experts. In addition, trials on 32 students showed a positive response with a percentage of 82%, which indicates that this video is effective in increasing students' understanding of substances and changes in form. Problem-based learning videos have the advantage of increasing student engagement, making it easier to understand concepts, and providing a more interactive learning experience. Therefore, this video can be used as an innovative alternative learning media in physics subjects at junior high school level.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran Model Problem Based Learning Materi Zat Dan Perubahan Wujud |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hafiza |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:50 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |