Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Canva dan Wordwall pada Materi Fluida Statis di SMA Negeri 11 Kota Jambi

Ayuni, Frety (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Canva dan Wordwall pada Materi Fluida Statis di SMA Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbantuan canva dan wordwall pada materi fluida statis kelas XI Fase F-4 di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Produk yang dimaksud adalah produk media pembelajaran yang layak atas penilaian dari validator ahli materi dan media serta respon dari guru dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Kota Jambi kelas XI Fese F-4 pada 05 Februari 2025. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket pada guru dan peserta didik sebagai ujicoba produk serta pada validator ahli materi dan media sebagai validasi dari produk yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dihasilkan melalui kegiatan observasi dan saran yang diberikan oleh validator ahli materi dan ahli media. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor angket validasi ahli materi dan ahli media serta respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi dan media pada media pembelajaran berbantuan canva dan wordwall pada materi fluida statis dapat diujicobakan pada guru dan peserta didik dengan hasil persentase penilaian dari validator pertama oleh ahli materi diperoleh sebesar 88% yang dikategorikan sangat layak dan hasil persentase penilaian dari validator kedua sebesar 96% yang dikategorikan sangat layak. Adapun hasil penilaian dari validator pertama ahli media diperoleh sebesar 87,5% yang dikategorikan sangat layak dan hasil persentase penilaian dari vaidator kedua sebesar 95% yang dikategorikan sangat layak. Hasil respon guru terhadap media pembelajaran berbantuan canva dan wordwall pada materi fluida statis diperoleh dengan persentase 93,3% yang dikategorikan sangat tertarik dan 6,7% dengan kategori tertarik. Adapun hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbantuan canva dan wordwall pada materi fluida statis pada uji kelompok besar diperoleh hasil dengan persentase 56,9% yang dikategorikan sangat tertarik dan 43,1% dengan kategori tertarik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Wordwall, Fluida Statis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: FRETY AYUNI
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:53
Last Modified: 17 Mar 2025 04:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76418

Actions (login required)

View Item View Item