Wulandari, Eka (2025) Analisis Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak Skripsi.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB l Skripsi.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
BAB V Skripsi.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis aktivitas belajar peserta didik, menganalisis tingkatan aktivitas belajar, dan menganalisis prestasi belajar peserta didik pada pelajaran IPAS ditinjau dari aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/I Muara Bulian, melibatkan satu guru dan 28 peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap proses pembelajaran pada mata pelajaran IPAS, wawancara dengan guru dan tiga orang peserta didik kelas V, dan penilaian hasil tes peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar peserta didik di kelas terdiri dari 8 jenis, yaitu aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, motorik, mental, dan emosional. Aktivitas belajar yang dilaksanakan oleh peserta didik memiliki tingkatan persentase yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa terdapat peserta didik yang telah memenuhi indikator aktivitas belajar, namun masih terdapat juga peserta didik yang belum memenuhi kriteria indikator sehingga aktivitas visual memperoleh persentase 78,6%, aktivitas lisan 69%, aktivitas mendengarkan 79,7%, aktivitas menulis 85,7%, aktivitas menggambar 75%, aktivitas motorik 77,5%, aktivitas mental 67,9%, dan aktivitas emosional 67,8%. Prestasi belajar yang dicapai oleh masing-masing peserta didik juga beragam. Peserta didik yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran mendapatkan prestasi belajar yang memuaskan sedangkan peserta didik yang pasif memperoleh prestasi belajar yang tidak memuaskan. Maka, aktivitas belajar ini mempengaruhi prestasi belajar yang diperoleh oleh peserta didik pada setiap akhir pembelajaran. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang prestasi belajar ditinjau dari aktivitas belajar pada mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian dapat mendukung keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPAS agar prestasi belajar peserta didik dapat meningkat dengan baik. This research aims to identify the types of students' learning activities, analyze the levels of learning activities, and analyze students' learning achievements in science lessons in terms of learning activities. This research was conducted at SDN 111/I Muara Bulian, involving one teacher and 28 class V students. This research adopts a qualitative approach with a case study type of research. Research data was obtained through observations of the learning process in science subjects, interviews with the teacher and three class V students, and assessment of students' test results. Data analysis was carried out using thematic analysis techniques. The research results show that students' learning activities in class consist of 8 types, namely visual, oral, listening, writing, drawing, motoric, mental and emotional activities. Learning activities carried out by students have different percentage levels. Based on the results of observations, it is known that there are students who have met the learning activity indicators, but there are also students who have not met the indicator criteria so that visual activities obtained a percentage of 78.6%, oral activities 69%, listening activities 79.7%, writing activities 85.7%, drawing activities 75%, motor activities 77.5%, mental activities 67.9%, and emotional activities 67.8%. The learning achievements achieved by each student also vary. Students who are actively involved in the learning process get satisfactory learning achievements while students who are passive get unsatisfactory learning achievements. So, these learning activities influence the learning achievements obtained by students at the end of each lesson. This research provides a deeper understanding of learning achievement in terms of learning activities in science subjects. The results of the research can support student involvement in the learning process in science subjects so that student learning achievement can improve well.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning achievement, learning activities, subjects IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Wulandari |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:45 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |