Pengaruh Profesional Guru dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Terhadap Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Jambi

Intan Hasanah, Dinda (2025) Pengaruh Profesional Guru dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Terhadap Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI DINDA ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA INTAN HASANAH REVISI FIKS (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (482kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dinda Intan Hasanah (2025). Pengaruh Profesional Guru dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Terhadap Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi: (I) Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I (II) Agus Lestari, M.Pd. Kata Kunci: Profesional Guru, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profesional Guru dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Terhadap Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survey, pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 30.0. Objek dalam penelitian ini adalah Kualitas Pembelajaran dan subjek adalah Guru SMA Negeri 3 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran angket kepada 70 guru sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan antara Profesional Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Jambi dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,680 > 2,002, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh signifikan antara Ketersediaan Sarana dan Prasarana Terhadap Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Jambi dengan nilai thitung besar dari ttabel, yaitu 8,991 > 2,002, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) antara Profesional Guru dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Terhadap Kualitas Pembelajaran dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel, yaitu 46,199 > 3,16, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan penting bagi guru untuk terus meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia secara optimal. Selain itu kelengkapan sarana dan prasarana sebagai penunjang pembelajaran sangatlah penting diperhatikan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efesien yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Profesional Guru, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Hasanah
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:44
Last Modified: 20 Mar 2025 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76550

Actions (login required)

View Item View Item