Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline 3 Terintegrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

Aini, Zuhrotul (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline 3 Terintegrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (273kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
FILE SKRIPSI ZUHROTUL AINI (A1C121065) TERBARUU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: htpps://repository.unja.ac.id

Abstract

Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan antara teks, grafik, gambar, video animasi, dan suara. Serta mampu menawarkan pengalaman belajar yanag menarik dan pasritipatif bagi siswa. TPACK merupakan dasar dari mengajar efektif dengan teknologi. Kerangka kerja ini dirancang untuk menciptakan model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama: teknologi, pedagogi, dan konten/materi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan multimedia, kelayakan berdasarkan tim validasi, hasil penilaian guru, srespon peserta didik, dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Lee & Owens diadaptasi dari kerangka ADDIE yaitu: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bawah proses pengembangan menggunakan aplikasi Articulate Storyline dan canva, hasil kelayakan ahli materi dengan rata-rata skor 84,6% dengan kateegori “Sangat Layak” dan ahli media sebesar 67,6% dengan kategori “Layak”. Penilaian guru 81,2% dengan kategori “Baik” dapat digunakan disemua tingkatan kognitif siswa 95,68% dan mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik sebesar 94,35%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline terintegrasi Tpack yang dikembangkan sudah layak untuk dijadikan media tambahan dalan proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Tpack , Articulate Storyline, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ZUHROTUL AINI
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:10
Last Modified: 21 Mar 2025 03:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76575

Actions (login required)

View Item View Item