PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI LARUTAN PENYANGGA BERBASIS TPACK MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Zalfa, Laudza Keisha (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI LARUTAN PENYANGGA BERBASIS TPACK MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_LAUDZA KEISHA ZALFA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (33kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Multimedia interaktif merupakan media yang terdiri dari berbagai elemen seperti teks, gambar, grafik, suara, animasi, video, dan dilengkapi dengan alat pengontrol atau navigasi yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia interaktif dapat membantu terlaksananya pembelajaran yang mandiri dan mampu membantu siswa lebih mudah memahami materi. Pada materi larutan penyangga, siswa dituntut untuk mampu memahami konsep materi larutan penyangga yang kompleks. Pendekatan TPACK merupakan pendekatan yang menggabungkan aspek teknologi, pedagogi dan konten untuk diaplikasikan pada materi yang sulit dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif materi larutan penyangga berbasis TPACK untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dan untuk mengetahui apakah multimedia interaktif yang dikembangkan layak secara konseptual maupun prosedural serta potensinya dalam meningkatkan minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Intrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh guru kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif materi larutan penyangga berbasis TPACK menggunakan Google Sites mendapatkan hasil kelayakan ahli media dan ahli materi masing-masing dengan rerata skor 4,4 dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian guru sebesar 4,5 dalam kategori “Sangat Layak”, serta respon peserta didik dan minat belajar masing-masing dengan persentase 90,8% dan 89,6% dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi larutan penyangga berbasis TPACK menggunakan Google Sites ini layak digunakan secara konseptual dan prosedural sebagai salah satu media pembelajaran kimia dan berpotensi meningkatkan minat belajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, TPACK, Larutan penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Zalfa
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:50
Last Modified: 24 Mar 2025 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76631

Actions (login required)

View Item View Item