CHAIRUNNISA, ZAHRA (2025) UJI VALIDITAS ISI MODUL “PLAY TO FOCUS” DALAM MELATIH KONSENTRASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-AQSHA KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover_SKRIPSI ZAHRA CHAIRUNNISA.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
abstrak_SKRIPSI ZAHRA CHAIRUNNISA.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
bab 1_SKRIPSI ZAHRA CHAIRUNNISA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
bab 5_SKRIPSI ZAHRA CHAIRUNNISA.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
dapus_SKRIPSI ZAHRA CHAIRUNNISA.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN dan PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ZAHRA CHAIRUNNISA_G1C120068.pdf Download (5MB) |
Abstract
LATAR BELAKANG Konsentrasi adalah pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan menyampingkan semua hal lainnya yang tidak berhubungan. Sering kali anak sulit untuk berkonsentrasi pada saat belajar. Setiap proses belajar memerlukan konsentrasi. Jika konsentrasi pada anak usia dini tidak dilatih dan tidak ditingkatkan maka akan berdampak untuk kedepannya. Oleh karena itu, melatih konsentrasi anak usia 5-6 tahun dapat dilakukan dengan menggunakan alat permainan edukatif. TUJUAN PENELITIAN Untuk mengetahui hasil uji validitas dari isi modul “Play to Focus” dalam melatih konsentrasi pada anak usia 5-6 tahun, untuk mengetahui nilai rata-rata modul “Play to Focus”, serta untuk mendapatkan feedback dari validator. METODE Penelitian ini menggunakan uji validitas isi. Terdapat 3 validator pada penelitian ini yang dipilih sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh peneliti yaitu, Psikolog Pendidikan, Psikolog Klinis Anak, dan Guru TK. HASIL Peneliti mendapatkan hasil validitas modul “Play to Focus” yang telah diuji oleh validator memiliki rentang skor 0,66-0,91 yang masuk kedalam kategori tinggi hingga sangat tinggi. Memiliki nilai rata-rata 0,82 yang masuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan skor yang didapat, modul “Play to Focus” valid dan dapat digunakan dalam melatih konsentrasi anak usia 5-6 tahun. KESIMPULAN DAN SARAN Modul “Play to Focus” dalam melatih konsentrasi pada anak usia 5-6 tahun memiliki validitas isi yang sesuai untuk digunakan. Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan modul dengan melihat efektivitas mdoul “Play to Focus” dalam melatih konsentrasi pada anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Validitas Isi, Modul, Konsentrasi, Anak Usia 5-6 Tahun.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | CHAIRUNNISA |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:06 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |