Sirait, Lidia Thimora (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI BENTUK-BENTUK ENERGI DI SEKITAR KITA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (135kB) |
Abstract
Sirait, Lidia Thimora. 2025. Pengembangan Media Pop-up Book Digital pada Pembelajaran IPAS Materi Bentuk-bentuk Energi di Sekitar Kita untuk Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (2) Desy Rosmalinda, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pop-up Book Digital, Pembelajaran IPAS, Bentuk-bentuk Energi Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan prosedur pengembangan media pop-up book digital pada pembelajaran IPAS materi bentuk-bentuk energi di sekitar kita untuk peserta didik kelas III sekolah dasar, (2) menjelaskan tingkat validitas dari media pop-up book digital pada pembelajaran IPAS materi bentuk-bentuk energi di sekitar kita untuk peserta didik kelas III sekolah dasar, (3) menjelaskan tingkat kepraktisan dari media pop-up book digital pada pembelajaran IPAS materi bentuk-bentuk energi di sekitar kita untuk peserta didik kelas III sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implemantation, and Evaluate) sebagai landasan prosedur pengembangan produk. Penelitian ini dilakukan ddi SDN 015/l Lubuk Ruso, kec. Pemayung, Kab. Batanghari, Jambi pada bulan Februari-Maret 2025. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara awal, kuesioner validasi bahasa, materi dan media serta kuesioner kepraktisan guru dan peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pop-up book digital pada pembelajaran ipas materi bentuk-bentuk energi di sekitar kita untuk peserta didik kelas III sekolah dasar yang dapat diakses melalui perangkat lunak dari laptop yaitu Microsoft PowerPoint secara offline. Tingkat validitas produk dinilai dari para validator yaitu validasi materi memperoleh penilaian akhir 4,7 dengan kategori “Sangat Valid”, validasi bahasa 4,3 dengan kategori “Sangat Valid” dan validasi media 4,3 dengan kategori “Sangat Valid”. Tingkat kepraktisan produk diperoleh dari penilaian respon guru sebesar dengan kategori “Sangat Praktis”, respon peserta didik kelompok kecil sebesar dengan kategori “Sangat Praktis” dan respon peserta didik kelompok besar sebesar dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan perolehan penilaian akhir data validitas dan kepraktisan, produk yang peneliti kembangkan layak digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Sirait, Lidia Thimora. 2025. Development of Digital Pop-up Book Media in Science Learning on the Material of Forms of Energy Around Us for Grade III Elementary School Students. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Department of Early Childhood and Elementary Education, FKIP, Jambi University, Supervisors: (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (2) Desy Rosmalinda, S.Pd., M.Pd. Keywords: Digital Pop-up Book, Science Learning, Forms of Energy This research aims to (1) explain the procedure for developing digital pop-up book media in science learning on the material of forms of energy around us for grade III elementary school students, (2) explain the level of validity of digital pop-up book media in science learning on the material of forms of energy around us for grade III elementary school students, (3) explain the level of practicality of digital pop-up book media in science learning on the material of forms of energy around us for grade III elementary school students. The research approach used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluate) as the basis for product development procedures. This research was conducted at SDN 015/l Lubuk Ruso, Pemayung District, Batanghari Regency, Jambi in February-March 2025. Research data were obtained from observations, initial interviews, language validation questionnaires, materials and media as well as teacher and student practicality questionnaires. The results of this development research are in the form of digital pop-up book media in science learning on the material of energy forms around us for grade III elementary school students which can be accessed via software from a laptop, namely Microsoft PowerPoint offline. The level of product validity is assessed by the validators, namely material validation obtaining a final assessment of 4.7 with the category "Very Valid", language validation 4.3 with the category "Very Valid" and media validation 4.3 with the category "Very Valid". The level of practicality of the product is obtained from the assessment of teacher responses of the category "Very Practical", the response of small group students of the category "Very Practical" and the response of large group students of the category "Very Practical". Based on the final assessment of validity and practicality data, the product that the researcher developed is feasible to use and can be utilized in the learning process
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Pop-up Book, Science Learning, Forms of Energy |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Lidia Thimora Sirait |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 01:43 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 01:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |