Sesil, Shellawati (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENYAJIKAN PETUNJUK PENGGUNAAN ALAT DALAM BENTUK TEKS TULIS DAN VISUAL SISWA KELAS lV SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
1. COVER.docx Download (153kB) |
![]() |
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR ISI.docx Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB 1.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB 5.docx Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Shellawati. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menyajikan Petunjuk Penggunaan Alat Dalam Bentuk Teks Tulis Dan Visual Siswa Kelas IV SD. Skripsi, Jurusan llmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Maryono, M.Pd, (ll) Irma Zurika Hardesi, S.PD., M.Pd., Kata Kunci: Media Gambar Seri, Menyajikan Petunjuk , Teks Tulis, Visual. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu media gambar seri sangat cocok digunakan dalam meningkatkan kompetensi menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual. Media tersebut dipilih berdasarkan karakteristik usia sekolah dasar kelas lV sekolah dasar. Pada usia tersebut berada diantara 7 – 11 tahun adalah usia dimana mereka bisa mengintegrasi gambar yang kemudian di olah menjadi suatu simbol dan diwujudkan dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual siswa kelas lV SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelompok kelas yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan perlakuan pada kelas eksperimen menggunakan media gambar seri dan kelas kontrol tidak di beri perlakuan dengan tidak menggunakan media gambar seri. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui tingkat signifikan dengan penggunaan media gambar seri. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media gambar seri terhadap kemampuan menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual kelas lV SDN 13/1 Muara Bulian. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata dengan menggunakan media gambar seri sebagai kelas eksperimen yaitu 78,1. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dengan tidak menggunakan media gambar seri sebagai kelas kontrol yaitu 67,3. Selain itu, dari hasil uji-t hasil t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu (-0,0315 ˂ 2,00575) dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual. Untuk itu disarankan guru untuk menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran menyajikan petunjuk penggunaan alat siswa sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SHELLAWATI |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 02:42 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 02:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |