Fadillah, Risnanda (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Berbasis Etnomatematika. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
2. cover.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
1. full skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
3. halaman pengesahan dan halaman persetujuan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. Abstrak.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
5. bab I.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
6. bab V.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (206kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMPN 22 Kota Jambi, diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah ini terdiri dari buku paket dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Namun, materi dalam buku dan LKS tersebut belum mengintegrasikan unsur budaya lokal dalam pembelajaran. Kondisi ini membuka peluang untuk mengembangkan bahan ajar matematika yang berbasis budaya, seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Etnomatematika. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas bahan ajar LKPD berbasis etnomatematika pada materi geometri di SMP dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model pengembangan Plomp, yang meliputi Investigasi Awal, Desain, Realisasi, Tes, Evaluasi, dan Revisi, dan implementasi. Dengan validasi dari ahli materi dan ahli desain. Penelitian ini melibatkan guru matematika kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi sebagai uji coba perorangan serta siswa kelas VIII sebagai uji coba kelompok kecil. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa instrument validasi materi dan desain, instrumen praktikalitas oleh guru dan siswa, serta instrumen efektifitas berupa tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis etnomatematika, untuk aspek validasi ahli materi 75,38% terkategori valid dan tingkat kevalidan dari aspek desain 93,84% terkategori sangat valid. Untuk angket kepraktisan, angket respon guru diperoleh 93,84% kriteria sangat praktis dan angket respon 28 siswa 80,91% dengan kriteria sangat praktis. Untuk aspek keefektifan dilihat dari angket respon siswa sebesar 81,66% kriteria sangat efektif dengan rata-rata N-Gain 62,60% dengan tafsiran cukup efektif, sehingga Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika dikategorikan efektif. Kata Kunci : Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Etnomatematika.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Etnomatematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | fadillah |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 08:04 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |