Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 11 Muaro Jambi

Wahyudi, Astari and Tersta, Frisciila Wulan and Saudagar, Ferdiaz (2025) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
COVER (2).pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Astari Wahyudi (2025). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi: (I) Dr. Friscilla Wulan Tersta, M.Pd. (II) Ferdiaz Saudagar, M.Pd. Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa, dengan subjek penelitian sebanyak 124 siswa yang dipilih dari populasi 180 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS 30.0 dengan metode analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi dengan nilai t hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 5,612 > 1,976, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. (2) Terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi dengan nilai t hitung lebih besar dari t-tabel, yaitu 6,203 > 1,976, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. (3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara fasilitas belajar dan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 48,927 > 3.05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: WAHYUDI
Date Deposited: 11 Apr 2025 01:56
Last Modified: 11 Apr 2025 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76930

Actions (login required)

View Item View Item