PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS ETNOKIMIA MATERI KOROSI UNTUK MENGAKOMODASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

AISAH, AISAH (2025) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS ETNOKIMIA MATERI KOROSI UNTUK MENGAKOMODASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

Teknologi menjadi peranan penting dalam pembelajaran. e-Modul yang dibuat dengan tampilan menarik, praktis dan efisien yang dapat diakses melalui smartphone, laptop atau komputer mampu memberikan kemudahan bagi guru peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap e-modul berbasis etnokimia materi korosi untuk mengakomodasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Proses pengembangan produk dalam penelitian ini mengikuti tahapan dalam model pengembangan Lee and Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket analisis kebutuhan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif yang berupa saran dan komentar dan kuantitatif berupa skor penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis etnokimia layak secara konseptual dan prosedural berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media masing-masing diperoleh rerata skor sebesar 4,94 dan 4,53 dengan kategori sangat layak. Dari penilaian praktisi oleh guru kimia diperoleh persentase sebesar 92,22% (sangat layak), serta respon baik peserta didik dengan persentase 93,2%. Kemudian hasil kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata 65 dengan kategori tinggi dengan respon peserta didik yang baik terhadap e-modul. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis etnokimia materi korosi yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan respon baik dari peserta didik. Kata Kunci: e-modul, Etnokimia, Korosi, Kemampuan Berpikir Kritis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Aisah
Date Deposited: 11 Apr 2025 09:02
Last Modified: 11 Apr 2025 09:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76949

Actions (login required)

View Item View Item