PEMEROLEHAN SINTAKSIS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS GIFTED: STUDI KASUS USIA 8 TAHUN

Nababan, Hotmida Sari (2025) PEMEROLEHAN SINTAKSIS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS GIFTED: STUDI KASUS USIA 8 TAHUN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi-Hotmida Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (955kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (53kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK Nababan, Hotmida Sari, 2025. Pemerolehan Sintaksis pada Anak Berkebutuhan Khusus Gifted: Studi Kasus Usia 8 Tahun: Skripsi, Jurusan SESA, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Ade Kusmana, M.Hum., (II) Julisah Izar, S.Pd., M.Hum., Kata kunci: pemerolehan, sintaksis, gifted, kata, frasa, klausa, kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan sintaksis pada anak berkebutuhan khusus gifted usia 8 tahun. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori nativisme oleh Chomsky. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan data berupa ujaran-ujaran dari anak Berkebutuhan Kkusus Gifted usia 8 tahun yang didapatkan melalui cara, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data, identifikasi data, katrgorisasi, dan interpretasi Hasil dari penelitian pemerolehan sintaksis pada Anak Berkebutuhan Khusus Gifted usia 8 tahun diperoleh data sebagai berikut: (1) Pemerolehan kata, verba terdiri 95 data, nomina pada manusia terdiri dari 9 data, nomina pada benda terdiri dari 51 data, adjektiva terdiri dari 80 data, dan adverbial terdiri dari 52 data, (2) Pemerolehan frasa terdiri dari 20 data, (3) Pemerolehan klausa terdiri dari 11 data, dan (4) Pemerolehan Kalimat, kalimat deklaratif (pernyataan) terdiri dari 15 data, kalimat interogatif (pertanyaan) terdiri dari 8 data, kalimat imperative (perintah) terdiri dari 8 data. menunjukkan bahwa pemerolehan sintaksis SA sudah cukup baik. Penggunaan kata, SA sudah dapat menguasai kelas kata seperti verba, nomina, adjektiva, srtya adverbia. Dalam penggunaan frasa dan klausa, SA juga sudah tergolong baik. Hanya saja beberapa kata masih kurang jelas pelafalannya. Dan pemerolehan kalimat, SA juga sudah cukup baik, namun pada urutan kalimat ia sering salah dalam urutannya. Dari data yang diperoleh, pemerolehan bahasa berdasarkan kemampuan sintaksis pada Anak Berkebutuhan Khusus Gifted usia 8 tahun yaitu SA tergolong dalam pemerolehan bahasa anak usia 4-6 tahun pada anak normal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Sasra Indonesia
Depositing User: NABABAN
Date Deposited: 14 Apr 2025 03:35
Last Modified: 14 Apr 2025 03:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77075

Actions (login required)

View Item View Item