Viqri, Denada (2025) Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Gedang Kerinci Untuk Memahami Konsep Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB V.,.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_DENADA VIQRI-PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Viqri, Denada. 2025. Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Gedang Kerinci Untuk Memahami Konsep Bangun Ruang Di Sekolah Dasar: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd., (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: eksplorasi, etnomatematika, rumah adat kerinci Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur matematima bangun ruang yang terdapat pada Rumah Adat Gedang Kerinci sebagai pemahaman konsep matematika bangun ruang secara lebih kontekstual dan aplikatif pada pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Adat Mangku Bumi Siulak Panjang, Rumah Adat Tigo Luhah Semurup, dan Rumah Larik Lun Rio Jayo Sungai Penuh. Data penelitian diperoleh melalui hasil observasi rumah adat, dokumentasi berupa foto bentuk rumah adat, wawancara kepada penjaga rumah adat, wawancara kepada guru matematika serta pengamatan keterbacaan bahan ajar kepada peserta didik sekolah dasar. Setelah semua data di kumpulkan, data di analisis secara kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Adat Kerinci mengandung banyak unsur bangun ruang yang dapat dikaji dalam pembelajaran matematika. Konsep etnomatematika yang terkandung di dalamnya dapat diintegrasikan ke dalam capaian pembelajaran sekolah dasar, khususnya pada fase C. Pemanfaatan budaya lokal dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan etnomatematika dapat membantu siswa memahami konsep bangun ruang secara lebih kontekstual, sehingga meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep matematika secara mendalam dan bermakna. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Gedang Kerinci dapat membantu siswa dalam memahami konsep geometri bangun ruang secara kontekstual dan aplikati. Peserta didik tidak hanya belajar dari buku saja, tetapi juga dari lingkungan sekitar. Viqri, Denada. 2025. Exploration of Ethnomathematics in Gedang Kerinci Traditional House to Understand the Concept of Spatial Building in Elementary School: Thesis, Elementary School Teacher Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd., (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd., Keywords: exploration, ethnomathematics, Kerinci traditional house This study aims to describe the mathematical elements of spatial building found in Gedang Kerinci Traditional House as an understanding of the mathematical concept of spatial building in a more contextual and applicable way in learning in elementary school. This research was conducted at Mangku Bumi Siulak Panjang Traditional House, Tigo Luhah Semurup Traditional House, and Larik Lun Rio Jayo Sungai Penuh House. The research data was obtained through observations of traditional houses, documentation in the form of photos of the shape of traditional houses, interviews with traditional house guards, interviews with mathematics teachers and observations of the readability of teaching materials to elementary school students. After all the data was collected, the data was analyzed qualitatively with an ethnographic approach. The results of the study show that the Kerinci Traditional House contains many elements of spatial shapes that can be studied in mathematics learning. The ethnomathematics concept contained in it can be integrated into elementary school learning outcomes, especially in phase C. The use of local culture in mathematics learning through an ethnomathematics approach can help students understand the concept of spatial shapes more contextually, thereby increasing their understanding of mathematical concepts in depth and meaningfully. Based on the results of this study, it can be concluded that the Exploration of Ethnomathematics in the Gedang Kerinci Traditional House can help students understand the concept of geometric spatial shapes contextually and applicatively. Students do not only learn from books, but also from the surrounding environment.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | eksplorasi, etnomatematika, rumah adat kerinci |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DENADA VIQRI |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 03:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 03:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |