Janesa Saputri, Lisa (2025) Study Melalui Transcript Based Lesson Analysis Pada Mata Kuliah Prediksi Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Pembelajaran Lesson Perubahan Iklim Berbasis Nvivo. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
PREDIKSI PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN LESSON STUDY MELALUI TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS MENGGUNAKAN NVIVO PADA MATA KULIAH PERUBAHAN IKLIM.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan memprediksi bagaimana mahasiswa menguasai konsep dalam pembelajaran berbasis lesson study dengan pendekatan transcript based lesson analysis pada mata kuliah Perubahan Iklim yang dianalisis menggunakan NVivo. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan dengan mengumpulkan data melalui observasi, transkripsi percakapan di kelas, serta analisis menggunakan perangkat lunak NVivo. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan lesson study berbasis TBLA berkontribusi positif terhadap pemahaman peserta didik.Selain itu, analisis dengan NVivo membantu dalam mengidentifikasi pola pemahaman serta kendala yang dihadapi peserta didik dalam memahami materi. Temuan ini memperkirakan bahwa lesson study berbasis TBLA dapat dijadikan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik,terutama dalam mata kuliah yang membutuhkan pemahaman mendalam seperti Perubahan Iklim. Oleh karena itu, disarankan bagi dosen untuk menerapkan pendekatan ini agar dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan reflektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study, Transcript Based Lesson Analysis, Perubahan Iklim, NVivo, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SAPUTRI |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:11 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |