Nasril, Leony (2019) Penerapan Strategi Praktik Berpasangan(Practice Rehearsal Pairs) untuk Mneingkatkan Keterampilan Gerak Tari Siswa pada pembelajaran Seni Tari Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.
![]() |
Text
1_COVER LIO BARU 1.docx Download (146kB) |
![]() |
Text
pengesahan skripsi_leony.pdf Download (731kB) |
![]() |
Text
daftar isi_leony.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB V_LEONY.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Leony, 2019. Penerapan Strategi Praktik Berpasangan (Practice Rehearsal Pairs) untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Tari Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing; (I) Drs. Destrinelli, M.Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd., Kata Kunci: Strategi praktik berpasangan (Practice Rehearsal Pairs), keterampilan gerak tari Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan gerak tari siswa kelas IVB SD Negeri 66/IV Kota Jambi dengan hasil tes praktik (kinerja) 20%. Kurangnya pastisipasi siswa dalam pembelajaran seni tari membuat siswa tidak aktif selama pembelajaran seni tari, sehingga siswa tidak terbiasa dalam menggerakkan tubuhnya saat melakukan gerak tari dan mengakibatkan keterampilan gerak tari siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi praktek berpasangan (Practice Rehearsal Pairs) untuk mengingkatkan keterampilan gerak tari siswa pada pembelajaran seni tari kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 66/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 66/IV Kota Jambi. Instrumen Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi tindakan guru dan tes praktik (kinerja) keterampilan gerak tari siswa.data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi practik berpasangan (Practice Rehearsal Pairs) dapat meningkatkan keterampilan gerak tari siswa pada pembelajaran seni tari kelas IV Sekolah Dasar. Adapun hasil persentase tes praktik (kinerja) siswa sebesar 45% dengan kategori kurang pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 82,5% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi praktik berpasangan (Practice Rehearsal Pairs) dapat meningkatkan keterampilan gerak tari siswa pada pembelajaran seni tari kelas IV Sekolah Dasar. Disarankan agar perlu adanya penelitian lebih lanjut dalam meningkatkan keterampilan gerak tari siswa dengan menerapkan strategi dan media yang lain.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | LEONY |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 01:44 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 01:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |