PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PADA MATERI ASAM BASA DI SMA

Sihombing, Nova P.R (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PADA MATERI ASAM BASA DI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI NOVA P.R SIHOMBING_A1C121066_Pendidikan Kimia .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan (Nova Poloria Sihombing).pdf

Download (128kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran interaktif merupakan media yang menyajikan materi kimia yang diintegrasikan dengan kearifan lokal sehingga membantu terlaksananya pembelajaran yang lebih mandiri dan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik yang fleksibel, praktis, serta dapat digunakan melalui laptop, smartphone dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara konseptual pengembangan media pembelajaran interaktif terintegrasi kearifan lokal, mengetahui penilaian pendidik terhadap kepraktisan media pembelajaran interaktif terintegrasi kearifan lokal serta mengetahui respon peserta didik terhadap produk media pembelajaran interaktif terintegrasi kearifan lokal pada materi asam basa yang telah dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan model Lee & Owens (2004). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Produk yang dihasilkan akan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta penilaian praktisi oleh guru. Selanjutnya produk diujicobakan dalam kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif terintegrasi kearifan lokal sudah layak secara konseptual dan prosedural dengan mendapatkan hasil validasi ahli media sebesar 4,4 (sangat layak), ahli materi sebesar 4,3 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,7 (sangat layak) dan respon peserta didik memiliki persentase sebesar 87,06 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif terintegrasi kearifan lokal pada materi asam basa sudah layak digunakan secara konseptual dan prosedural sebagai media pembelajaran kimia. Interactive learning media is a medium for presenting chemistry material that is integrated with local wisdom so that it helps to implement more independent learning and is able to increase students' interest in learning which is flexible, practical, and can be used via laptops, smartphones, and technology. This study aims to determine the feasibility of the concept of developing interactive learning media integrated with local wisdom, to determine educators' assessments of the practicality of interactive learning media integrated with local wisdom and to determine students' responses to interactive learning media products integrated with local wisdom on acid-base material that has been developed. The development of interactive learning media uses the Lee & Owens (2004) model. The research instruments used are interview sheets and questionnaires. The resulting product will be validated by media experts and material experts as well as practitioner assessments by teachers. Furthermore, the product is tested in small groups. The data analysis techniques used are qualitative data analysis and quantitative data analysis. The results of this study indicate that interactive learning media integrated with local wisdom is conceptually and procedurally feasible by obtaining validation results from media experts of 4.4 (very feasible), material experts of 4.3 (very feasible), teacher assessment of 4.7 (very feasible) and student responses have a percentage of 87.06% with a very good category. Based on the results of the study, it can be concluded that interactive learning media integrated with local wisdom on acid-base material is conceptually and procedurally feasible to be used as a chemistry learning medium.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kearifan Lokal, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: NOVA P.R SIHOMBING
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:39
Last Modified: 15 Apr 2025 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77290

Actions (login required)

View Item View Item