Kwein Carollin, Jessi (2025) Pola Perilaku Administratif Guru Dalam Mengadopsi Inovasi Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bungo. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
Skripsi Jessi Kwein Carollin (A1D520001) FINAL 4 (1) (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (356kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola perilaku administratif guru dalam mengadopsi inovasi teknologi pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan melibatkan 10 guru sebagai informan utama, terdiri dari guru mata pelajaran, kepala sekolah, dan staf administrasi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi selama tiga bulan penelitian. Wawancara dilakukan dengan panduan semi-terstruktur untuk menggali pengalaman dan tantangan guru dalam mengadopsi teknologi pendidikan. Observasi dilakukan di lingkungan sekolah untuk melihat langsung pola penggunaan teknologi dalam administrasi pembelajaran, sedangkan dokumentasi mencakup kebijakan sekolah, laporan penggunaan teknologi, dan hasil evaluasi implementasi teknologi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik dengan perangkat lunak NVivo untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antar tema. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber, metode, dan member checking dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola perilaku administratif guru dipengaruhi oleh faktor internal seperti kesiapan individu, pengalaman teknologi, serta motivasi pribadi, dan faktor eksternal seperti dukungan kebijakan sekolah, pelatihan teknologi, serta ketersediaan infrastruktur. Guru yang mendapatkan dukungan pelatihan dan fasilitas yang memadai lebih cepat mengadopsi teknologi dalam administrasi pembelajaran dibandingkan mereka yang menghadapi keterbatasan tersebut. Studi ini menegaskan pentingnya pelatihan berkelanjutan, kebijakan yang mendukung, serta peningkatan infrastruktur teknologi agar inovasi dapat diterapkan secara optimal dalam lingkungan sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku administratif, inovasi teknologi, pendidikan, analisis tematik, kualitatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Carollin |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:37 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |