Mutika, Mutika (2025) Analisis Creative Thinking Skill Siswa SMA Dengan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Pembuatan Poster Menggunakan Canva. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (698kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka (1).pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (986kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (143kB) |
Abstract
Keterampilan dan pengetahuan yang seimbang adalah kunci keberhasilan pembelajaran di abad ke-21. Berpikir kreatif merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan life skills diera industri 4.0. Permasalahan yang terjadi adalah siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal pada ranah kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta). Hal ini disebabkan karena rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Oleh sebab itu, diperlukan juga pemilihan model pembelajaran yang tepat dan efektif untuk dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah model Project Based Learning (PjBL). Model PjBL merupakan suatu model pembelajaran yang inovatif dengan beberapa strategi penting untuk sukses di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui pembuatan poster menggunakan canva. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Muaro Jambi pada Oktober 2023. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dengan cara menyebarkan angket, melakukan pretest dan posttest serta wawancara dengan guru bidang studi biologi. Setelah angket dan pretest posttest diisi, data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning melalui pembuatan poster menggunakan canva terlaksana sesuai dengan sintaks. Hasil tes berpikir kreatif siswa dengan empat indakator yaitu: fluency (79,15%), flexibility (78%), originality (67,35%), dan elaboration (71,95%) termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Project Based Learning melalui pembuatan poster menggunakan canva dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : creative thinking skill, Project Based Learning, poster menggunakan canva |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mutika |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 03:44 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 03:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |