Sari, Wulan (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-AZKA KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan wulan .pdf Download (981kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WULAN TANIA (FIX YUDISIUM).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (72kB) |
Abstract
Penelitian Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Digital terhadap Kemampuan Visual-Spasial Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Al Azka Kota Jambi dilatarbelakangi dengan permasalahan kemampuan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di TK IT Al Azka Kota Jambi yang belum berkembang secara optimal. Anak-anak mengalami kesulitan dalam mengenali bentuk geometri, mengikuti petunjuk arah, meniru pola, serta membedakan ukuran dan posisi objek. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book digital terhadap kemampuan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di TK IT Al Azka Kota Jambi, dengan fokus pada kemampuan mengenali bentuk geometris, mengikuti arah, menggambar, serta memanipulasi objek dalam ruang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pre- eksperimental one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK IT Al Azka, dengan sampel sebanyak 15 anak dari kelompok B4 yang dipilih berdasarkan pertimbangan kemampuan visual-spasial yang lebih rendah dibandingkan kelompok lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan menggunakan instrumen penelitian yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai t hitung sebesar 30,143 yang lebih besar dari t tabel 2,160 pada taraf signifikan α: 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu, rata-rata hasil pretest yang sebesar 15,2 meningkat menjadi 27,4 pada posttest, dengan selisih rata-rata sebesar 12,2. Hasil uji effect size menggunakan rumus Cohen’s d menghasilkan nilai 9,29, yang termasuk dalam kategori strong effect, menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book digital memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap kemampuan visual- spasial anak.Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up book digital secara signifikan meningkatkan kemampuan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di TK IT Al Azka Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Visual Spasial Anak Usia Dini, Media Pop Up Book Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:57 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |