Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif dalam Laporan Prosedur Siswa Kelas IX di SMP Negeri 19 Kota Jambi

Maharani, Erika (2025) Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif dalam Laporan Prosedur Siswa Kelas IX di SMP Negeri 19 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Maharani, E. 2025. Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif dalam Laporan Prosedur Siswa Kelas IX di SMP Negeri 19 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Dr. Drs. Ade Kusmana, M.Hum. (2) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. Kata Kunci: Bentuk kesalahan, kalimat efektif, dan laporan prosedur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam laporan prosedur siswa kelas IX di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, hal ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam laporan prosedur siswa kelas IX SMP Negeri 19 Kota Jambi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah`kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam laporan prosedur siswa. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan prosedur siswa kelas IX C di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Dokumentasi berupa teks prosedur digunakan untuk memperoleh kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam laporan prosedur siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 43 kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam laporan prosedur siswa yang terdiri atas 5 kesalahan kelugasan, 15 kesalahan ketepatan, 5 kesalahan kejelasan, 14 kesalahan kehematan, 4 kesalahan kesejajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat kesalahaan penggunaan kalimat efektif dalam laporan prosedur siswa kelas IX. Hal ini disebabkan oleh siswa yang belum memahami konsep kalimat efektif secara mendalam, sehingga penggunaan kalimat efektif. Saran yang dapat diberikan kepada pendidik yaitu untuk dapat mengajarkan kalimat efektif dalam konteks berbagai jenis teks yang tentunya memerlukan kalimat efektif untuk menunjang kualitas penulisan siswa tersebut. Selain itu pendidik juga dituntut untuk mengembangkan bahan ajar yang mendukung penguasaan keterampilan menulis kalimat efektif siswa, dengan pengembangan tersebut tentunya akan meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam penggunaan kalimat efektif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bentuk kesalahan, kalimat efektif, dan laporan prosedur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: MAHARANI
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:49
Last Modified: 25 Apr 2025 04:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77842

Actions (login required)

View Item View Item