Anvionita, Lily (2025) IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak Skripsi.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Cover Print.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI OKE.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses implementasi asesmen diagnostik non kognitif dalam meningkatkan keterampilan pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII dan (2) Mengetahui efektivitas asesmen diagnostik non kognitif dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Kota Jambi yang berlokasi di Jl. Jend. A. Thalib, RT. 26 Kec. Telanaipura, Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data penelitian yaitu hasil tes asesmen diagnostik non kognitif berupa gaya belajar (visual, audiotori, dan kinestetik). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 14 siswa memiliki gaya belajar visual, 8 siswa memiliki gaya belajar audiotori, dan 10 siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Adapun teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil asesmen diagnostik non kognitif kemudian direlevansikan sebagai peningkatan keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian ini disarankan pendidik harus memperhatikan setiap kekuatan, kelemahan, keterampilan, serta pengetahuan sebelum peserta didik memulai pembelajaran. Hal tersebut sangat berpengaruh untuk mencapai tujuan pembelajaran. Implementasi asesmen diagnostik non kognitif oleh guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 7 Kota Jambi dalam meningkatkan keterampilan pembelajaran Bahasa Indonesia sudah terlaksana dengan baik, dan dapat diikuti dan dimodifikasi oleh guru-guru lain. This study aims to (1) Determine the implementation process of non-cognitive diagnostic assessment in improving Indonesian language learning skills in grade VII students and (2) Determine the effectiveness of non-cognitive diagnostic assessment in improving Indonesian language skills in grade VII students. This study was conducted at SMPN 7 Kota Jambi located on Jl. Jend. A. Thalib, RT. 26 Kec. Telanaipura, Jambi City. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and document analysis. The research data were the results of non-cognitive diagnostic assessment tests in the form of learning styles (visual, auditory, and kinesthetic). The results of the study showed that 14 students had a visual learning style, 8 students had an auditory learning style, and 10 students had a kinesthetic learning style. The data analysis techniques included data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the non-cognitive diagnostic assessment were then made relevant as an improvement in skills in learning Indonesian. From the results of this study, it is suggested that educators should pay attention to every strength, weakness, skill, and knowledge before students start learning. This is very influential in achieving learning objectives. The implementation of non-cognitive diagnostic assessment by Indonesian language teachers at SMP Negeri 7 Kota Jambi in improving Indonesian language learning skills has been carried out well, and can be followed and modified by other teachers.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diagnostic assesment, non-cognitive, Indonesian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | LILY ANVIONITA |
Date Deposited: | 07 May 2025 06:28 |
Last Modified: | 07 May 2025 06:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |