Sitio, Astri Bonita (2025) Pengaruh Kewirausahaan Digital, Lingkungan Keluarga, Dan Literasi Kewirausahaan Terhadap Minat Menjadi Young Enterpreneur Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Full Skripsi Astri Bonita Sitio (A1A121109).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
Bab I (3).pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (139kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatabelakangi oleh permasalahan Minat menjadi Young Enterpreneur yang semakin rendah. Generasi muda, khususnya mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angakatan 2021 Universitas Jambi diidentifikasi sebagai agen potensial untuk meningkatkan jumlah wirausahawan tersebut melalui inovasi dan penciptaan lapangan kerja baru untuk mengurangi masalah pengangguran dan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kewirausahaan Digital, Lingkungan Keluarga, dan Literasi Kewirausahaan terhadap Minat Menjadi Young Enterpreneur Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angakatan 2021 Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan disebar melalui kuesioner dengan menggunakan google form untuk mengumpulkan data dari sampel mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kewirausahaan digital terhadap minat menjadi young enterpreneur pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Jambi. Hal tersebut dibuktikan melalui uji t yaitu 3,244 > 1,66388 dan nilai signifikansi yaitu 0,002 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kelurga terhadap minat menjadi young enterpreneur dengan hasil uji t yaitu 7,008 > 1,66388 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi kewirausahaan terhadap minat menjadi young enterpreneur dangan hasil uji t 16,245 > 1,66388 dan nilai signifikansi signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan Kewirausahaan Digital, Lingkungan Keluarga, dan Literasi Kewirausahaan terhadap Minat Menjadi Young Enterpreneur Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angakatan 2021 Universitas Jambi. Hal ini dibuktikan melalui uji F yaitu 92,355 dan nilai signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 77,8 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kewirausahaan Digital, Lingkungan Keluarga, dan Literasi Kewirausahaan berpengaruh positif terhadap Minat Menjadi Young Enterpreneur. Peneliti menyarankan agar mahasiswa mempersiapkan diri untuk menjadi seorang young enterpreneur setelah lulus agar mengurangi tingkat pengangguran dan menciptakan lapangan kerja baru dimasa depan. This research is motivated by the problem of the increasingly low Interest in becoming a Young Entrepreneur. The younger generation, especially Economic Education students Batch 2021, University of Jambi, are identified as potential agents to increase the number of entrepreneurs through innovation and the creation of new jobs to reduce unemployment and poverty. This study aims to determine the Influence of Digital Entrepreneurship, Family Environment, and Entrepreneurial Literacy on the Interest in Becoming a Young Entrepreneur of Economic Education Students, Class of 2021, Jambi University. This study uses a quantitative approach with a survey method and is distributed through a questionnaire using a Google form to collect data from a sample of students. The results of the study show that there is a positive and significant influence between digital entrepreneurship on the interest in becoming a young entrepreneur in Economic Education students, Class of 2021, Jambi University. This is proven through the t-test, namely 3.244> 1.66388 and a significance value of 0.002 <0.05. There is a positive and significant influence of the family environment on the interest in becoming a young entrepreneur with the results of the t-test, namely 7.008> 1.66388 and a significance value of 0.000 <0.05. There is a positive and significant influence of entrepreneurial literacy on the interest in becoming a young entrepreneur with a t-test result of 16.245> 1.66388 and a significance value of 0.000 <0.05. Simultaneously, there is a significant influence of Digital Entrepreneurship, Family Environment, and Entrepreneurial Literacy on the Interest in Becoming a Young Entrepreneur of Economic Education Students Class of 2021, Jambi University. This is proven through the F test, namely 92.355 and a significance value of 0.000 and a coefficient of determination (R2) of 77.8%. Based on the results of this study, it can be concluded that Digital Entrepreneurship, Family Environment, and Entrepreneurial Literacy have a positive effect on the Interest in Becoming a Young Entrepreneur. Researchers suggest that students prepare themselves to become young entrepreneurs after graduating in order to reduce unemployment and create new jobs in the future.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kewirausahaan Digital, Lingkungan Keluarga, Literasi Kewirausahaan,Minat Menjadi Young Enterpreneur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ASTRI BONITA SITIO |
Date Deposited: | 08 May 2025 01:57 |
Last Modified: | 08 May 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |