Azmi, Al (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI FUNCHEM BERBASIS CHEMOEDUTAINMENT TERINTEGRASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI KOLOID. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover skripsi ami.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
abstrak skripsi ami.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
Bab1 skripsi azmi.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
Bab 5 skripsi azmi.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
dapus skripsi ami-1-5.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AZMI FULL_compressed-dikompresi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Al Azmi. 2025, “Pengembangan Game Edukasi Funchem Berbasis Chemoedutainment Terintegrasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Koloid". Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Dra. Zurweni, M.Si. (II) Isra Miharti, S.Si., M.Pd Game edukasi dapat didefinisikan sebagai media pembelajaran yang menggabungkan berbagai elemen, seperti teks, grafik, gambar, audio, video,dan animasi, sehingga mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan game, kelayakan game, penilaian guru, cakupan penggunaan untuk semua tingkatan siswa, serta respon peserta didik terhadap game yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan lembar pedoman wawancara. Analisis data kualitatif (saran dan komentar) serta kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase) diterapkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan menggunakan aplikasi Conscruct. Hasil kelayakan oleh ahli materi mencapai 75% (Layak), dan ahli media sebesar 73,3% (Layak). Penilaian guru terhadap game yang dikembangkan mencapai 70,9% (Baik), dengan tingkat kesesuaian untuk semua tingkatan siswa sebesar 86,6%. Selain itu, game mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase sebesar 92,6%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis chemoedutainment yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran kimia, khususnya dalam materi Koloid. Game ini telah memenuhi semua tahapan pengembangan hingga uji kelompok kecil/small group dengan hasil yang sangat baik serta berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | AL AZMI |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:34 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |