PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF MATERI IKATAN KIMIA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK

Utami, Mesi Sepuh (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF MATERI IKATAN KIMIA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Full Skripsi_Mesi Sepuh Utami_A1C121055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media powerpoint ikatan kimia berbasis scientific approach untuk menumbuhkan literasi kimia peserta didik. Powerpoint dirancang agar lebih menarik, interaktif dan praktis dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee & Owens, dengan 5 tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara guru, angket kebutuhan peserta didik, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, penilaian guru dan angket respon peserta didik. Uji coba dilakukan kepada 10 peserta didik kelas XI fase F. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian layak dan valid dengan skor rata-rata validasi materi dan media sebesar 4,85 dan 4,86. Skor rata-rata penilaian guru sebesar 4,93, hasil uji coba kelompok kecil skor 690 dengan persentase 92%. Kemudian hasil tes literasi kimia peserta didik memperoleh nilai rata-rata 80,9 dengan persentase ketuntasan 80,9%. Berdasarkan hasil tersebut, media powerpoint interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak dan valid untuk digunakan dalam pembelajaran dengan respon positif dari peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: MESI SEPUH UTAMI
Date Deposited: 19 May 2025 07:00
Last Modified: 19 May 2025 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78414

Actions (login required)

View Item View Item