ANALISIS TREN PENELITIAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI TAHUN 2020-2023

Putri, Julia (2025) ANALISIS TREN PENELITIAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI TAHUN 2020-2023. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putri, Julia. 2025. Analisis Tren Penelitian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Tahun 2020-2023: Skripsi, Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Social, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd., (II) Romi Kurniadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Tren Penelitian, Analisis Bibliometrik Kesulitan mahasiswa dalam menentukan topik penelitian yang variatif dan relevan di bidang pendidikan ekonomi telah menyebabkan adanya ketergantungan pada topik-topik penelitian yang telah diteliti sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan tren penelitian mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi dari tahun 2020-2023. Fokus utama penelitian ini meliputi pola pemilihan topik penelitian, variabel yang digunakan, metode penelitian yang diterapkan, serta teknik analisis data dalam penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan bibliometric untuk pemetaan tren penelitian berdasarkan frekuensi kemunculan kata kunci serta keterkaitan antarvariabel. Data penelitian diperoleh dari repository Universitas Jambi yang menyimpan skripsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi periode 2020-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung meneliti topik yang berkaitan dengan hasil belajar, motivasi belajar, dan kewirausahaan. Variabel penelitian yang sering digunakan adalah efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, dan perilaku konsumtif. Dalam hal metodologi, pendekatan ex-post fakto merupakan yang paling dominan, diikuti oleh pendekatan deskriptif dan surver. Teknik analisis data yang digunakan berkembang dari analisis deskriptif menuju kombinasi kompleks dengan analisis regresi dan inferensial. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat perkembangan dalam variasi topik dan metode penelitian, masih terdapat keterbatasan dalam eksplorasi tema baru yang lebih inovatif. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk mengeksplorasi topik penelitian yang lebih beragam serta menggunakan pendekatan penelitian yang lebih mendalam guna meningkatkan kualitas penelitian di bidang Pendidikan Ekonomi. Putri, Julia. 2025. Analysis of Research Trends of Jambi University Economics Education Students in 2020-2023: Thesis, Economics Education, Department of Social Sciences, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd., (II) Romi Kurniadi, S.Pd., M.Pd. Keywords: Research Trends, Bibliometric Analysis The difficulty of students in determining varied and relevant research topics in the field of economic education has led to a dependence on previously researched research topics. This study aims to determine the development of research trends of Jambi University Economics Education students from 2020-2023. The main focus of this research includes the pattern of selecting research topics, the variables used, the research methods applied, and data analysis techniques in preparing the thesis. This research uses a qualitative method with a bibliometric approach to mapping research trends based on the frequency of keyword occurrence and the relationship between variables. Research data was obtained from the Jambi University repository which stores the theses of Economics Education students for the 2020-2023 period. The results show that students tend to research topics related to learning outcomes, learning motivation, and entrepreneurship. Frequently used research variables are self-efficacy, entrepreneurship education, financial literacy, and consumptive behavior. In terms of methodology, the ex-post facto approach is the most dominant, followed by descriptive and survey approaches. The data analysis techniques used evolved from descriptive analysis to a complex combination of regression and inferential analysis. The conclusion of this study shows that although there is progress in the variety of topics and research methods, there are still limitations in the exploration of new and more innovative themes. From the results of this study, it is expected that students will be encouraged to explore more diverse research topics and use more in-depth research approaches to improve the quality of research in the field of Economic Education.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tren Penelitian, Analisis Bibliometrik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 20 May 2025 03:53
Last Modified: 02 Aug 2025 08:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78442

Actions (login required)

View Item View Item