Kayla, Nabila (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DIGITAL LINGKUNGAN (ULTRALI) BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Skripsi_Nabila Kayla.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
Lembar Abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1 Skripsi Nabila kayla.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Bab 5 Skripsi.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
Dapus Skripsi.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi no cover_Nabila Kayla.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar dan berdampak terhadap keterampilan pemecahan masalah (Problem solving skills). Ular Tangga Digital Lingkungan (ULTRALI) berbasis masalah merupakan media pembelajaran yang mampu membuat siswa menjadi aktif dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Media ULTRALI diadaptasikan dari permainan ular tangga digital dengan konsep materi perubahan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran ULTRALI berbasis masalah serta mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Lee and Owens, dengan subjek uji coba adalah siswa kelas X Fase E di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dari skor angket penilaian ahli, respon guru dan siswa yang diukur menggunakan skala likert, serta skor pretest dan posttest yang akan dianalisis melalui uji paired sample T-test menggunakan SPPS versi 27, kemudian akan diukur efektivitasnya menggunakan uji Effect size dengan Cohen,s d. Hasil yang didapatkan dari validasi para ahli yaitu media layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 97,2% (sangat layak) dan ahli media sebesar 88,5% (sangat layak). Adapun respon guru mendapatkan respon “Sangat Baik” dengan persentase kelayakan sebesar 88,6%. Sedangkan respon siswa pada ujicoba kelompok kecil didapatkan persentase kelayakan sebesar 86,5% (Sangat Layak) sedangkan kelompok besar sebesar 82,8% (Sangat Layak) dengan kategori respon “Sangat Baik”. Adapun efektifitas media menurut perhitungan effect size didapatkan sebesar 0,63 dengan kategori “Sedang”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, ULTRALI, Problem solving skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Kayla |
Date Deposited: | 20 May 2025 08:06 |
Last Modified: | 20 May 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |