Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Media Prezi Siswa Kelas X.A MAN 1 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2024-2025

Sari, Nur Intan Komala (2025) Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Media Prezi Siswa Kelas X.A MAN 1 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2024-2025. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning berbantuan media prezi pada mata pelajaran sejarah. Oleh karena itu rumusan masalah penelitian yaitu “Bagaimana meningkatkan keaktifan belajar sejarah melalui penerapan model cooperative learning berbantuan media prezi siswa kelas X.A MAN 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2024-2025?” Metode dan teknik penelitian ini yakni dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X.A MAN 1 Muaro Jambi yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 19 perempuan dan 10 laki-laki. Variabel yang diteliti meliputi peningkatan keaktifan belajar yang berhasil dicapai oleh siswa setelah pelaksanaan pembelajaran selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Pada penelitian ini, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Guru sebagai peneliti diharapkan mampu untuk mengidentifikasi permasalahan di setiap pembelajaran kemudian melakukan perbaikan serta mengevaluasi terhadap hasil perbaikan tersebut. Dalam penelitian ini, guru bukan hanya betindak sebagai fasilitator pembelajaran, tetapi juga sebagai agen perubahan untuk melakukan perbaikan berdasarkan temuan di lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi, angket, catatan harian guru dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis pada data kuantitatif yaitu dengan menghitung rata-rata persentase tingkat keaktifan siswa. Sedangkan teknik analisis data pada data kualitatif yaitu deskripsi selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Adapun teknik yang digunakan peneliti untuk menguji keabsahan data ialah dengan menggunakan teknik triangulasi dengan indikator ketuntasan mencapai 75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X.A MAN 1 Muaro Jambi saat belajar menggunakan model cooperative learning dengan dibantu media pembelajaran prezi. Diketahui bahwa nilai rata-rata pratindakan sebesar 51%. Pada Siklus I tindakan I nilai rata-rata keaktifan siswa yaitu 57%, sedangkan pada tindakan II nilai rata-rata keaktifan siswa sebesar 62%. Pada Siklus II tindakan III nilai rata-rata keaktifan siswa yakni 71%, sedangkan pada tindakan IV nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 79%. Hasil tersebut melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning berbantuan media prezi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di MAN 1 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Prezi, Keaktifan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: NUR INTAN KOMALA SARI
Date Deposited: 22 May 2025 06:41
Last Modified: 22 May 2025 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78510

Actions (login required)

View Item View Item