Pengembangan Media Pembelajaran Big Book dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Kelurahan Mendalo Darat

Zuziah, Elisa Fatma (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Kelurahan Mendalo Darat. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
COVER..pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Keaksaraan awal menjadi kemampuan dasar yang penting untuk dikuasai anak usia dini sebelum belajar membaca dan menulis secara kompleks. Berdasarkan hasil pra observasi awal di TK Kelurahan Mendalo Darat, yaitu TK Izzatul Islam, TK Fania Salsabila Barokah, TK Islam Qonita dan TK Puri Masurai II, kemampuan keaksaraan awal anak masih rendah dan perlu ditingkatkan. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk membantu meningkatkan keaksaraan awal anak, salah satunya melalui media big book. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan media big book yang layak untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Kelurahan Mendalo Darat. (2) Mengetahui respon guru terhadap media big book untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Kelurahan Mendalo Darat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan yang dilakukan yaitu: (1) Tahap Analysis, (2) Tahap Design, (3) Tahap Development, (4) Tahap Implementation dan (5) Tahap Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, validasi ahli media, dan angket respon guru. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 guru di TK Izzatul Islam, 3 guru di TK Fania Salsabila Barokah, 4 guru di TK Islam Qonita dan 2 guru di TK Puri Masurai II. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses akhir validasi ahli materi memperoleh skor persentase yaitu 100% dengan kriteria “sangat baik” dan validasi media memperoleh skor sebesar 100% dengan kriteria “sangat baik”, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap implementasi dan uji coba pengembangan. Media big book dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kepraktisan melalui angket oleh guru dengan persentase kepraktisan sebesar 88,33% pada uji kelompok besar dan 88,19% pada uji kelompok kecil. Dengan demikian, maka disimpulkan bahwa media big book yang dihasilkan tersebut layak dan praktis sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Kelurahan Mendalo Darat. Early literacy is a fundamental skill that is important for young children to master before learning to read and write in more complex ways. Based on preliminary observations conducted at kindergartens in Mendalo Darat Village—namely TK Izzatul Islam, TK Fania Salsabila Barokah, TK Islam Qonita, and TK Puri Masurai II—it was found that the early literacy skills of children are still low and need improvement. Therefore, engaging and innovative learning media are needed to help enhance children’s early literacy skills, one of which is through the use of big book media. This research aims to: (1) Develop a feasible big book media to improve the early literacy skills of children aged 4–5 years at kindergartens in Mendalo Darat Village; and (2) Determine teachers' responses to the big book media in enhancing early literacy skills of children aged 4–5 years in the same kindergartens. This development research uses the ADDIE development model, which includes the following stages:(1) Analysis,(2) Design,(3) Development,(4) Implementation, and(5) Evaluation. The data collection instruments used in this study consisted of material expert validation questionnaires, media expert validation questionnaires, and teacher response questionnaires. The research subjects included 5 teachers from TK Izzatul Islam, 3 teachers from TK Fania Salsabila Barokah, 4 teachers from TK Islam Qonita, and 2 teachers from TK Puri Masurai II. The data analysis technique used was quantitative analysis. The results showed that in the final stage of validation, the material expert gave a score of 100% with a "very good" rating, and the media expert also gave a score of 100% with a "very good" rating. Thus, the project proceeded to the implementation and development testing phase. The big book media was declared practical based on the practicality test results using teacher questionnaires, with a practicality percentage of 88.33% in the large group test and 88.19% in the small group test. In conclusion, the developed big book media is deemed feasible and practical as a learning tool to improve early literacy skills among children aged 4–5 years in kindergartens in Mendalo Darat Village.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Big Book, Keaksaraan Awal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ELISA FATMA ZUZIAH
Date Deposited: 22 May 2025 08:14
Last Modified: 22 May 2025 08:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78521

Actions (login required)

View Item View Item