Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Budaya Lokal Jambi Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Kelas IV SDN 55/I Sridadi

budi setiawan, Galih (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Budaya Lokal Jambi Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Kelas IV SDN 55/I Sridadi. S1 thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMUN PENDIDIKAN.

[img] Text
cover, halaman npengesahan , daftr isi fik.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)

Abstract

ABSTRAK Galih Budi Setiawan. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Budaya Lokal Jambi Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Kelas IV SDN 55/I Sridadi”, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd,M.Pd Kata kunci : Pengembangan LKPD Berbasis Budaya Lokal Jambi, Tema Indahnya kebersamaan LKPD yang digunakan belum sepenuhnya mencerminkan unsur-unsur dari sebuah LKPD terutama berhubungan dengan alat dan bahan untuk mencapai suatu kompetensi dasar yang ingin dicapai, sepertipada kompetensi dasar“mengindentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di Provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengankarakteristik ruang” pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. LKPD yang dan digunakan tidak melampirkan adat dan budaya setempat, sehingga peserta didik hanya mengetahui adat dan budaya daerah lain. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedurpengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), mengetahui validitas dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation).Penelitian ini menghasilkan LKPD sebagai Bahan Ajar yang dapat memfasilitasi peserta didik agar dapat berperan aktif, serta memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi budaya lokal Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah LKPD. LKPD tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli pembelajaran dan dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak diuji coba.Hasil validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata tahap terakhir yaitu100% dan hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai rata- rata yaitu 100% maka produk ini termasuk dalam kategori “sangatbaik”. Hasil wawancara peserta didik kelas IV SD Negeri 55/I Sridadi pada uji coba kelompok kecil komentarnya “sangat baik” terhadap LKPD. Berdasarkan proses pengembangan mulai dari prosedur, validitas dan kepraktisan, secara keseluruhan disimpulkan bahwa LKPD“sangat baik” untuk digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran tema 1 subtema 1. Hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara peserta didik dan guru kelas IV di 55/I Sridadi. Sehingga LKPD ini sangat berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Galih Budi Setiawan
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:19
Last Modified: 16 Apr 2019 07:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7866

Actions (login required)

View Item View Item