Arabi, M. Akram (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Materi “Di Sini Tempat Tinggalku” Untuk Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (396kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan pengembangan multimedia interaktif materi “Di Sini Tempat Tinggalku” untuk pembelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar, (2) Mendeskripsikan tingkat validitas multimedia interaktif materi “Di Sini Tempat Tinggalku” yang dirancang dalam mendukung pembelajaran IPAS pada peserta didik kelas IV di sekolah dasar serta (3)Mendeskripsikan tingkat kepraktisan multimedia interaktif materi “Di Sini Tempat Tinggalku” yang dikembangkan untuk pembelajaran IPAS pada peserta didik kelas IV di sekolah dasar. Model Pengembangan yang digunakan yaitu model Decide, design, develop, dan evaluate (DDD-E). Penelitian dilaksanakan di SDN 186/I Sridadi pada kelas IV, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta penyebaran angket validasi kepada ahli materi, bahasa, danmedia, serta angket kepraktisan kepada guru dan peserta didik.Hasil validasi terhadap multimedia interaktif yang dikembangkan menunjukkanbahwa produk ini termasuk dalam kategori sangat valid, berdasarkan penilaiandari tiga ahli: ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Ahli materi memberikan skor rata-rata sebesar 4,7 dari skor maksimum 5, setara dengan 94%, ahli bahasa memberikan skor rata-rata 4,3 atau 86,6%. Sementara itu, ahli media memberikan skor rata-rata 4,6 atau 92%. Uji kepraktisan juga menunjukkan bahwa multimedia ini sangat praktis digunakan. Guru memberikan skor rata-rata 4,7 atau 94%, menunjukkan kemudahan penggunaan dan dukungannya terhadap proses pembelajaran. Penilain oleh peserta didik dengan skor rata-rata 4,7 atau 93% pada uji coba kelompok kecil, dan 4,8 atau 95% pada uji coba kelompok besar. Dengan demikian, multimedia interaktif yang dikembangkan terbukti sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi “Di Sini Tempat Tinggalku” layak digunakan sebagai media pembelajaran IPAS di kelas IV sekolah dasar. Produk ini tidak hanya valid dari sisi isi, bahasa, dan tampilan media, tetapi juga praktis digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Di Sini Tempat Tinggalku,Pembelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ARABI |
Date Deposited: | 27 May 2025 06:51 |
Last Modified: | 27 May 2025 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |