NILAI-NILAI MORAL DALAM DIALOG FILM BUDI PEKERTI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Wulandari, Ratna (2025) NILAI-NILAI MORAL DALAM DIALOG FILM BUDI PEKERTI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
halaman judul.pdf

Download (26kB)
[img] Text
persetujuan pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFPUS.pdf

Download (153kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas nilai-nilai moral dalam film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja dan relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah menurunnya moralitas di kalangan pelajar, yang terlihat dari perilaku kurang menghargai orang lain, perundungan (termasuk cyberbullying), dan rendahnya kesadaran sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam film Budi Pekerti serta mengkaji keterkaitannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari dialog dan adegan dalam film Budi Pekerti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode simak dan catat, di mana peneliti menyimak film dan mencatat dialog serta adegan yang mencerminkan nilai moral. Instrumen penelitian utama adalah peneliti sendiri yang bertugas dalam pengumpulan dan pengolahan data. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 jenis nilai moral yang terkandung dalam film Budi Pekerti, yaitu rasa hormat, tanggung jawab, kejujuran, kebijaksanaan, disiplin diri, tolong-menolong, peduli sesama, kerja sama, keberanian, dan demokratis. Nilai-nilai moral tersebut memiliki relevansi dengan pembelajaran Bahsa Indonesia di SMP, terutama dalam capaian pembelajaran elemen menyimak, membaca, dan memirsa sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Film Budi Pekerti dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam menanamkan nilai moral dan membangun karakter siswa yang selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai moral, film, Budi Pekerti, pembelajaran sastra, sosiologi sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: RATNA WULANDARI
Date Deposited: 27 May 2025 03:24
Last Modified: 27 May 2025 03:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78697

Actions (login required)

View Item View Item