Penggunaan media puzzle pada pembelajaran matematika materi bangun datar untuk meningkatkan pemahaman konsep pengenalan bangun datar kelas 1 sekolah dasar

Saras wati, Ayu (2019) Penggunaan media puzzle pada pembelajaran matematika materi bangun datar untuk meningkatkan pemahaman konsep pengenalan bangun datar kelas 1 sekolah dasar. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (216kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep bangun datar peserta didik di kelas I A SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi setelah melakukan observasi dan kolaborasi dengan guru kelas. Berdasarkan penjelasan guru kelas, peserta didik masih kesulitan dan bingung dalam menjawab soal bangun datar yang diberikan dikarenakan peserta didik yang tidak memahami konsep dari bangun datar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media puzzle dalam meningkatkan pemahaman konsep pengenalan bangun datar peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan penelitian model Kemmis dan Mc taggart dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, aksi atau tindakan, observasi dan refleksi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media puzzle, penggunaan media puzzle dalam proses pembelajaran diterapkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Dalam proses nya yaitu peserta didik diberikan masalah nyata, lalu guru menjelaskan konsep bangun datar dan selanjutnya guru membagi siswa kedalam 6 kelompok yang terdiri dari 3-4 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase pada siklus I hasil pengamatan mengenai pemahaman konsep yaitu sebesar 43,33%, pada pertemuan I sebesar 32,91% dan mengalami peningkatan pada pertemuan II yaitu sebesar 20,84% sehingga menjadi 53,75% dengan hasil tes tertulis dengan ketuntasan klasikal 62,5%. Pada siklus II hasil pengamatan mengenai pemahaman konsep siswa yaitu sebesar 76,32%. Pada pertemuan I sebesar 68,42%, dan mengalami peningkatan pada pertemuan II sebesar 15,79% sehingga menjadi 84,21% dengan hasil tes tertulis dengan ketuntasan klasikal 89,47%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep pengenalan bangun datar siswa kelas I A SD IT Ahmad Dahlan kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AYU SARAS WATI
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:04
Last Modified: 18 Apr 2019 02:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7870

Actions (login required)

View Item View Item