Fakhirah, Putri (2025) Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Sosio Scientific Issue (SSI) Pada Materi Sistem Pernapasan Terhadap Keterampilan Metakognitif. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
2 Halaman Pengesahan.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (771kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
Putri Fakhirah_A1C421057_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Putri Fakhirah_A1C421057_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Keterampilan metakognitif penting dalam mendukung siswa merencanakan, memantau, dan mengevaluasi pembelajarannya, namun di SMAN 7 Kota Jambi keterampilan tersebut masih rendah. Hasil wawancara menunjukkan adanya tantangan seperti keterbatasan waktu, rendahnya keterlibatan siswa, serta kurangnya eksplorasi informasi dan pemecahan masalah. Kondisi ini diperkuat dengan belum dilakukannya pengukuran keterampilan tersebut di kelas XI. Hasil Angket awal juga mengungkapkan bahwa keterampilan metakognitif, seperti mengatur jadwal belajar, manajemen informasi, strategi belajar, dan evaluasi diri, masih rendah. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan metakognitif. Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) dinilai efektif karena menyajikan konteks nyata yang mendorong keterlibatan dan refleksi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) pada materi sistem pernapasan terhadap keterampilan metakognitif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan jenis penelitian kuantitatif dan subjek penelitian adalah siswa kelas XI. Desain penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi experimental reseach) dengan rancangan Non randomized control-group prestest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai dengan instrumen yang telah divalidasi dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Analisis data menggunakan uji One Way Ancova dan Quade’s rank analysis of Covariance. Diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) penerapan model PBL-SSI efektif terhadap keterampilan metakognitif dengan signifikasi 0,001< 0,05. 2) Besaran efektivitas model PBL-SSI terhadap keterampilan metakognitif dilihat dari nilai effect size [ŋp2 =0.347]. Oleh karena itu, model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Sosio Scientific Issue (SSI) efektif terhadap keterampilan metakognitif peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Sosio Scientific Issue (SSI), Keterampilan Metakognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PUTRI FAKHIRAH |
Date Deposited: | 28 May 2025 01:57 |
Last Modified: | 28 May 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |