Resnawati, Resnawati (2025) PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PIPS ANGKATAN 2021 UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (878kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan dukungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PIPS angkatan 2021 Universitas Jambi baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PIPS Angkatan 2021 dengan sampel sebanyak 73 orang dan diambil secara propotionate stratified random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post fakto, Teknik pengumpulan data menggunakan google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, variabel pengenalan lapangan persekolahan (PLP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru, dengan nilai thitung > ttabel adalah 3,818 > 1,666 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Secara parsial variabel dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru, dengan thitung > ttabel adalah 7,031>1,666 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 25,275 > 3,13 dan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 61,9%. Dari hasil tersebut, diharapkan dapat menambah wawasan dan menjadi bahan pertimbangan bagi lembaga pendidikan dalam merancang strategi peningkatan kualitas PLP serta membangun kolaborasi dengan orang tua mahasiswa. This study aims to determine the effect of Introduction to School Field (PLP) and family support on the interest in becoming a teacher in PIPS students of the 2021 batch of Jambi University, both partially and simultaneously. The population in this study were PIPS students of the 2021 batch with a sample of 73 people and taken by proportional stratified random sampling. This study is a study with a quantitative approach with the ex-post facto method. Data collection techniques using Google Form. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis. The results of the study showed that partially, the introduction to school field (PLP) variable had a positive and significant effect on the interest in becoming a teacher, with a t count> t table of 3.818> 1.666 and a significance value of 0.002 <0.05. Partially, the family support variable had a positive and significant effect on the interest in becoming a teacher, with a t count> t table of 7.031> 1.666 and a significance value of 0.000 <0.05. Simultaneously, the introduction of the school field (PLP) and family support have a positive and significant effect on the interest in becoming a teacher with a calculated F value > F table, namely 25.275 > 3.13 and a sig value of 0.000 < 0.05 and a coefficient of determination (R2) value of 61.9%. From these results, it is expected to increase insight and be a consideration for educational institutions in designing strategies to improve the quality of PLP and build collaboration with students' parents.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Dukungan keluarga, Minat Menjadi Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Resnawati |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:37 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |