Analisis Perilaku Bullying Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi

Putri, Meyrizka Dwita (2025) Analisis Perilaku Bullying Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB 5..pdf

Download (108kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (652kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (43kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dwitaputri, Meyrizka. 2025. Analisis Perilaku Bullying Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Harapan Bunda Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Asih Nur Ismiatun, M.Pd,. (II) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Perilaku Bullying, usia 5-6 tahun Perilaku bullying pada anak terjadi sejak anak usia dini, usia 5-6 tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi memperlihatkan bentuk awal dari perilaku bullying yang terjadi. Pendidikan pada anak usia dini, yang kini turut menghadapi tantangan serius seperti maraknya tindakan perundungan (bullying). Tujuan peneliti ini adalah untuk menganalisis bentuk pola perilaku bullying yang terjadi serta dampak yang dirasakan bagi pelaku dan korban bullying pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan data primer dari hasil observasi dan data sekunder dari hasil wawancara dan dokumentasi, pada penelitian ini peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi secara terstruktur, informan pada penelitian ini adalah guru kelas TK Harapan Bunda Kota Jambi dengan Jumlah 3 orang guru dan siswa berjumlah 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis perilaku bullying di TK Harapan Bunda Kota Jambi menemukan adanya bentuk perilaku bullying yaitu bullying fisik, bullying verbal, dan bullying non-verbal, dampak yang terjadi yaitu dari pelaku bullying dan korban bullying. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa perilaku yang terjadi di TK Harapan Bunda Kota Jambi harus diperhatikan sejak dini, serta guru memberikan pengajaran terhadap pelaku dan korban agar mencegah perilaku buruk dapat menjadi kebiasaan anak usia dini. Dwitaputri, Meyrizka. 2025. Analysis of Bullying Behavior in Children Aged 5-6 Years at Harapan Bunda Kindergarten, Jambi City: Thesis, Early Childhood Education Teacher Education Department, FKIP, Jambi University, Supervisor: (I) Asih Nur Ismiatun, M.Pd,. (II) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Keywords: Bullying Behavior, aged 5-6 years Bullying behavior in children occurs since early childhood, aged 5-6 years at Harapan Bunda Kindergarten, Jambi City shows the initial form of bullying behavior that occurs. Education in early childhood, which is now also facing serious challenges such as the rampant acts of bullying. The purpose of this researcher is to analyze the form of bullying behavior patterns that occur and the impacts felt by perpetrators and victims of bullying in children aged 5-6 years at Harapan Bunda Kindergarten, Jambi City. This research method uses a qualitative descriptive approach. The data obtained using primary data from observation results and secondary data from interviews and documentation results, in this study the researcher used data collection techniques by conducting observations, interviews and documentation in a structured manner, the informants in this study were class teachers of Harapan Bunda Kindergarten, Jambi City with a total of 3 teachers and 31 students. The results of the study showed that the analysis of bullying behavior in Harapan Bunda Kindergarten, Jambi City found forms of bullying behavior, namely physical bullying, verbal bullying, and non-verbal bullying, the impacts that occurred were from the perpetrators of bullying and victims of bullying. Based on the results of the study and discussion, it can be concluded that the behavior that occurs in Harapan Bunda Kindergarten, Jambi City must be considered early on, and teachers provide teaching to perpetrators and victims to prevent bad behavior from becoming a habit of early childhood.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Bullying, usia 5-6 tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:50
Last Modified: 04 Jun 2025 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78907

Actions (login required)

View Item View Item