Istiqomah, Rivfany Diya (2025) PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GEN Z PENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Manajemen.
![]() |
Text
Skripsi Rivfany Diya Istiqomah C1B021257.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
cover Skripsi Rivfany Diya Istiqomah Cetak Keras-1.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
Tanda pengesahan Rivfany Diya Istiqoma.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Abstrak Skripsi Rivfany Diya Istiqomah .pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi Rivfany Diya Istiqomah .pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB VI Skripsi Rivfany Diya Istiqomah .pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi Rivfany Diya Istiqomah .pdf Download (408kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital dan media sosial khususnya TikTok, telah mengubah perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian Gen Z pengguna aplikasi TikTok di Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui bantuan google form yang kemudian diolah menggunakan SPSS versi 30 dan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kemudian electronic word of mouth (EWOM) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa influencer marketing dan electronic word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Gen Z pengguna aplikasi TikTok di Kota Jambi. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran yang melibatkan influencer dan ulasan konsumen dalam meningkatkan kepercayaan dan keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku usaha untuk merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif dalam menjangkau Gen Z di era digital. Kata kunci: Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIVFANY DIYA ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:16 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |