Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Kelas XII di SMAN 12 Kota Jambi

Cahyani, Heravi Desinta (2025) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Kelas XII di SMAN 12 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK_HERAVI DESINTA CAHYANI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1_HERAVI DESINTA CAHYANI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB 5_HERAVI DESINTA CAHYANI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
COVER_HERAVI DESINTA CAHYANI.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_HERAVI DESINTA CAHYANI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
SKRIPSI_HERAVI DESINTA CAHYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN_HERAVI DESINTA CAHYANI.pdf

Download (514kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan latar belakang dapat diketahui permasalahan yang terjadi di kelas XII F5 SMAN 12 Kota Jambi yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menghubungkan konsep-konsep yang dipelajari dengan situasi nyata dan kurang aktif dalam diskusi kelas. Selain itu, berdasarkan wawancara bersama guru fisika yang mengajar di kelas XII F5 diketahui bahwa siswa kesulitan dalam memberikan pertanyaan dan jawaban ketika ditanya. Oleh karena itu, model pembelajaran inkuiri terbimbing diterapkan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII F5 SMAN 12 Kota Jambi tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi gelombang elektromagnetik di kelas XII SMAN 12 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang elektromagnetik kelas XII di SMAN 12 Kota Jambi. Hal ini terlihat dari hasil tes siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa sebesar 48%, kemudian meningkat menjadi 81% pada siklus II. Selain itu terlihat dari perolehan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 57,26%, yang kemudian meningkat menjadi 76,38% pada siklus II.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran inkuiri Terbimbing dan gelombang elektromagnetik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: CAHYANI
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:01
Last Modified: 04 Jun 2025 02:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79108

Actions (login required)

View Item View Item