PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA ADHYAKSA 1 JAMBI

Oktavia, Dinda Dwi (2025) PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA ADHYAKSA 1 JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (188kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (869kB)
[img] Text
20250609 FINAL DRAFT SKRIPSI DINDA DWI OKTAVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (255kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Oktavia, Dinda Dwi. 2025. Pengembangan E-Magazine Berbasis Problem Based Learning Pada materi Suhu dan Kalor di SMA Adhyaksa 1 Jambi: Skripsi, Prograf Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, pendamping: (I) Drs. M. Hidayat, M.Pd., (II) Erlida Amnie, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, E_Magazine, Problem Based Learning Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil observasi awal dan angket kebutuhan, ditemukan bahwa sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan memahami materi kalor dan menyatakan ketertarikan tinggi terhadap media pembelajaran berbasis teknologi seperti e-magazine. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Dsign, Develop, Disseminate), namun hanya dilakukan sampai tahap develop. Validasi dilakukan oleh dua dosen dan satu guru fisika sebagai ahli media dan materi, sedangkan uji kepraktisan dilakukan melalui uji coba kepada peserta didik kelas XI dan XII di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk e-magazine berada pada kategori “sangat valid” dengan skor rata-rata di atas 80%. Uji coba kelompok kecil dan besar menunjukkan rata-rata persentase respon sebesar 82,7% untuk kelas XII, 85,1% untuk kelas XI (kelompok kecil), dan 88,1% untuk kelas XI (kelompok besar). Hal ini membuktikan bahwa e-magazine berbasis problem based learninag yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi suhu dan kalor.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E_Magazine, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Oktavia
Date Deposited: 10 Jun 2025 01:46
Last Modified: 10 Jun 2025 01:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79374

Actions (login required)

View Item View Item