Putri, Dhea Melviyanti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMKN 8 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
Persetujuan & pengesahan.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DHEA MELVIYANTI PUTRI A1A121068. FINAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis penting bagi siswa SMK untuk menghadapi dunia kerja, namun observasi di SMKN 8 Muaro Jambi menunjukkan bahwa kemampuan ini masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem-Based Learning (PBL) menggunakan Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMKN 8 Muaro Jambi Jurusan Bisnis Ritel pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kompetensi Keahlian (DDPK). Model PjBL dikembangkan menggunakan media infografis berbasis AI melalui platform Canva, sedangkan model PBL menggunakan AI berbasis kuis interaktif melalui aplikasi Quizizz. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari siswa kelas X jurusan Bisnis Ritel yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (PjBL menggunakan AI Canva) dan kelompok kontrol (PBL menggunakan AI Quizizz). Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedua model memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai independent sample t-test sebesar 0,034<0,05. Uji paired sample t-test juga menunjukkan peningkatan signifikan pada kedua kelompok, dengan nilai signifikansi kelompok eksperimen sebesar 0,003 dan kelompok kontrol sebesar 0,000 yang mana nilai ini <0,05. Akan tetapi, model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan AI Quizizz terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan N-Gain Score sebesar 0,519 (kategori sedang), dibandingkan dengan model Project Based Learning menggunakan AI Canva yang memperoleh N-Gain Score sebesar 0,217 (kategori rendah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL lebih optimal dalam mendorong siswa untuk berpikir kritis melalui pemecahan masalah langsung. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan strategi pembelajaran berbasis teknologi di SMK, serta perlunya optimalisasi penggunaan AI dalam pembelajaran berbasis proyek maupun pemecahan masalah untuk mendukung pencapaian keterampilan abad ke-21.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Problem Based Learning, Artificial Intelligence, Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dhea Melviyanti Putri |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 03:19 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |