HUBUNGAN WARMING UP BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENJAS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 151/IV KOTA JAMBI

adli, alhabsi sahid (2025) HUBUNGAN WARMING UP BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENJAS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 151/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, pendidikan olahraga dan kesehatan.

[img] Text
TESIS ALHABSI SAHID ADLI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (181kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

Alhabsi Sahid Adli, 2025, Penelitian Berjudul “Hubungan Warming up Berbasis Permainan Tradisional Dengan Motivasi Belajar Penjas Siswa Sekolah Dasar Negeri 151/Iv Kota Jambi”. Program Studi Magister Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Sukendro, M.Kes AIFO. Dan Pembimbing (II) Dr. Hendri Munar, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: warming up, permainan tradisional, motivasi belajar, pendidikan jasmani, discovery learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan warming up berbasis permainan tradisional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah dasar. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya minat dan motivasi siswa dalam melakukan kegiatan warming up konvensional yang cenderung monoton dan membosankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Methods dengan desain triangulasi konkuren. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 151/IV Kota Jambi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi guru dan siswa, serta angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan warming up berbasis permainan tradisional tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, tetapi juga berdampak signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari uji korelasi r-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,361. Karena nilai r-hitung (0,92) lebih besar dari r-tabel (0,361), maka dapat disimpulkan bahwa korelasi tersebut signifikan, sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Permainan tradisional yang digunakan antara lain jala ikan, lompat tali, dan engklek yang dikemas dalam sintaks pembelajaran Discovery Learning. Dengan demikian, hubungan model ini dapat menjadi solusi inovatif untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna serta mempertahankan warisan budaya lokal.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: Alhabsi Sahid Adli
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:55
Last Modified: 12 Jun 2025 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79659

Actions (login required)

View Item View Item