RIZKY, OLGA REDIKA MOWA ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
cover.docx Download (46kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.docx Download (779kB) |
![]() |
Text
daftar isi.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
1. BAB I.docx Download (34kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.docx Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Rizky, Olga Redika Mowa. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Materi Larutan Penyangga Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Epinur, M.Si, (II) Dra. Yusnidar, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Larutan Penyangga. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Agar siswa aktif dalam pembelajaran guru diharapkan dapat memilih model pembelajaran yang tepat. Selain itu guru juga harus menentukan media yang digunakan pada model pembelajaran tersebut. Pada materi larutan penyangga dapat digunakan model Discovery Learning dengan berbantuan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Discovery Learning berbantuan multimedia interaktif materi larutan penyangga dan untuk megetahui pengaruh keterlaksanaan model Discovery Learning berbantuan multimedia interaktif materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Designs dengan subjek penelitian kelas XI IPA 1. Pengujian hipotesis dilakukan uji korelasi antara keterlaksanaan model Discovery Learning berbantuan multimedia interaktif oleh siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata keterlaksanaan model Discovery Learning berbantuan multimedia interaktif oleh guru dan siswa adalah 81,25 % dan 72,31 %. Pengujian hipotesis diperoleh tingkat hubungan pada kategori kuat dan tingkat pengaruh pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif keterlaksanaan model Discovery Learning berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | OLGA REDIKA MOWA RIZKY |
Date Deposited: | 24 May 2019 06:47 |
Last Modified: | 24 May 2019 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |