Meilisa, Arni (2025) STRATEGI PROMOSI YANG IDEAL UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI SITUS CANDI MUARA TAKUS. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK ARNII.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
COVER ARNI.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
SKRIPSIII ARNI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN ARNI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Percandian Muara Takus yang berlokasi di Kecamatan XIII Koto Kampar adalah monument peninggalan Sriwijaya dan merupakan kompleks percandian bercorak Buddha Di Provinsi Riau. Sebagai situs bersejarah, kompleks percandian ini memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai destinasi wisata unggulan. Namun, jumlah kunjungan wisatawan ke situs ini masih belum optimal, sehingga diperlukan strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang ideal dalam pengelolaan situs Percandian Muara Takus dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategi yang memancarkan empat faktor utama, yaitu kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksplanatif yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang ada serta menjelaskan hubungan antar variabel yang mempengaruhi strategi promosi situs Percandian Muara Takus. Dengan analisis SWOT, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi efektivitas promosi, serta menyusun konsep strategi promosi yang sesuai dengan kondisi dan potensi situs. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemerintah dan pemangku kepentingan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta mengoptimalkan pengelolaan situs sebagai destinasi wisata berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengelola pariwisata dalam merancang strategi promosi yang lebih inovatif dan berbasis pada potensi lokal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Percandian Muara Takus, Strategi Promosi, Analisis SWOT, Pengelolaan Pariwisata |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi |
Depositing User: | MEILISA |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:59 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |