LESTARI, OLIVIA INDAH (2025) PENERAPAN MEDIA KOTAK BACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI 47/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL BAB_OLIVIA INDAH LESTARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER_OLIVIA INDAH LESTARI.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_OLIVIA INDAH LESTARI.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN_OLIVIA INDAH LESTARI.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB I_OLIVIA INDAH LESTARI.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB V_OLIVIA INDAH LESTARI.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_OLIVIA INDAH LESTARI.pdf Download (347kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media Kotak Baca di kelas 1 di SD Negeri 47/IV Kota Jambi dan untuk mengetahui apakah penerapan media Kotak Baca dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Dalam penelitian ini ditemukan permasalahan kemampuan membaca permulaan siswa rendah dalam pembelajaran. Hal ini terlihat pada kegiatan observasi di SD Negeri 47/IV Kota Jambi pada siswa kelas 1, bahwa siswa belum mampu dalam menyebutkan simbol-simbol huruf, belum mampu menyebutkan kata yang mempunyai awalan huruf yang sama, belum mampu menghubungkan kata-kata dan belum mampu membaca kata atau kalimat yang sederhana. Proses pembelajaran yang kurang bervariasi masih bersifat konvensional yaitu pada saat proses pembelajaran guru hanya terbiasa menggunakan metode ceramah dan penugasan yang mengakibatkan proses pembelajaran terkesan monoton, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum optimal. Pada proses pembelajaran tersebut mengakibatkan siswa belum mampu dalam membaca permulaan dan kurangnya penggunaan media mengakibatkan peserta didik rendah dalam mempunyai kemampuan membaca permulaan. Objek dalam penelitian yaitu sebanyak 36 siswa, 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Solusi dari permasalahan ini adalah menerapkan medi pembelajaran Kotak Baca. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung selama pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 66,49% sedangkan skor kemmapuan membaca permulaan siswa pada siklus II sebesar 86,20%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Kotak Baca dapat mening katkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SD Negeri 47/IV Kota Jambi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kotak Baca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Olivia Indah Lestari |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:00 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |