PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 194/VI TAMBANG EMAS

SYIFA, PUTRI (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 194/VI TAMBANG EMAS. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1. FULL THESIS_PUTRI SYIFA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2. COVER_PUTRI SYIFA.pdf

Download (33kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN_PUTRI SYIFA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
4. ABSTRAK_PUTRI SYIFA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
5. BAB I_PUTRI SYIFA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
6. BAB V_PUTRI SYIFA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA_PUTRI SYIFA.pdf

Download (124kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri 194/VI Tambang Emas. Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, diferensiasi, serta penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan mampu membentuk karakter siswa yang mandiri, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 194/VI Tambang Emas telah berjalan dengan cukup baik, ditandai dengan integrasi nilai-nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran, proyek penguatan profil pelajar Pancasila, serta keterlibatan aktif guru dan siswa. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan sarana, pelatihan guru yang belum merata, dan adaptasi siswa terhadap pendekatan pembelajaran baru. Meskipun demikian, penerapan kurikulum ini terbukti memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa secara menyeluruh. Penelitian ini menyoroti bagaimana Kurikulum Merdeka berkontribusi terhadap pembentukan karakter siswa melalui pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel dan berbasis kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum ini memiliki dampak positif terhadap penguatan karakter siswa, terutama dalam aspek kemandirian, tanggung jawab, dan kreativitas.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, pembentukan karakter, siswa SD, profil pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Putri Syifa
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:57
Last Modified: 16 Jun 2025 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79844

Actions (login required)

View Item View Item