HUBUNGAN MARKETING MIX DENGAN KEPUTUSAN PEMILIHAN FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA OLEH PESERTA JKN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIMPANG IV SIPIN KOTA JAMBI TAHUN 2024

Afifah, Zuhriyyatin (2025) HUBUNGAN MARKETING MIX DENGAN KEPUTUSAN PEMILIHAN FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA OLEH PESERTA JKN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIMPANG IV SIPIN KOTA JAMBI TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Jambi.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Meningkatnya jumlah FKTP di Kota Jambi, mendorong persaingan dalam menarik peserta JKN. Persaingan ini berdampak pada fluktuasi jumlah peserta JKN di Puskesmas Simpang IV Sipin. Selain itu, terdapat 24 keluhan terkait elemen marketing mix di puskesmas yang belum dimanfaatkan secara optimal dalam menyusun strategi pemasaran. Pemasaran ialah salah satu cara FKTP untuk memikat pelanggan kepada produk jasanya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan marketing mix dengan keputusan pemilihan FKTP oleh peserta JKN di wilayah kerja Puskesmas Simpang IV Sipin. Metode: Penelitian menggunakan studi kuantitatif, dengan rancangan cross sectional. Bedasarkan hasil perhitungan menggunakan metode lemeshow, total sampel bejumlah 60 responden. Data dianalisis menggunakan uji chi-squere. Hasil: Hasil analisis chi-squere, tidak terdapat hubungan antara elemen product (p-value 0,084), promotion (p-value 0,741), people (p-value 1,000), physical evidance (p-value 0,241) dengan keputusan pemilihan FKTP oleh peserta JKN di wilayah kerja Puskesmas Simpang IV Sipin. Kemudian terdapat hubungan antara elemen process (p-value 0,019), place (p-value 0,048) dengan keputusan pemilihan FKTP oleh peserta JKN di wilayah kerja Puskesmas Simpang IV Sipin. Kesimpulan: Variabel marketing mix yang berhubungan dengan keputusan pemilihan FKTP oleh peserta JKN di wilayah kerja Puskesmas Simpang IV Sipin adalah place dan process. Variabel yang tidak berhubungan yaitu product, promotion, poeple, dan physical evidance. Kata Kunci: Keputusan Pemilihan, Marketing Mix, Peserta JKN, Puskesmas Background: The increasing number of FKTPs in Jambi City encourages competition in attracting JKN participants. This competition has an impact on fluctuations in the number of JKN participants at the Simpang IV Sipin Health Center. In addition, there are 24 complaints related to marketing mix elements at the health center that have not been optimally utilized in developing marketing strategies. Marketing is one way for FKTP to attract customers to its service products. The purpose of this study was to determine the relationship between marketing mix and FKTP selection decisions by JKN participants in the Simpang IV Sipin Puskesmas work area. Methods: The study used a quantitative study, with a cross sectional design design. Based on the results of calculations using the lemeshow method, the total sample was 60 respondents. Data was analyzed using the chi-squere test. Results: Chi-squere analysis results, there is no relationship between Elemen Product (p-value 0.084), promotion (p-value 0.741), people (p-value 1.000), physical evidance (p-value 0.241) with FKTP selection decisions by JKN participants in the Simpang IV Sipin Puskesmas work area. Then there is a relationship between Elemen Process (p-value 0.019), place (p-value 0.048) with FKTP selection decisions by JKN participants in the Simpang IV Sipin Puskesmas work area. Conclusion: Marketing mix variables associated with FKTP selection decisions by JKN participants in the Simpang IV Sipin Health Center work area are place and process. Unrelated variables are product, promotion, people, and physical evidence. Keywords: Marketing Mix, Selection Decision, JKN Participants, Health Center

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pemilihan, Marketing Mix, Peserta JKN, Puskesmas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: AFIFAH
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:41
Last Modified: 16 Jun 2025 04:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79881

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item