Damanik, Christine Abigail (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN ECOPEDAGOGY MELALUI MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN ANALYTICAL THINKING SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_CHRISTINE ABIGAIL DAMANIK.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Damanik, Christine Abigail. 2025. Implementasi Pendekatan Ecopedagogy Melalui Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Analytical Thinking Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi. Skripsi Prodi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Winda Dwi Kartika, S.Si, M.Si., Pembimbing (II) Fitri Astriawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Analytical Thinking, Contextual Teaching And Learning (CTL), Ecopedagogy Pengembangan kemampuan berpikir perlu ditingkatkan dalam menghadapi pembelajaran abad 21. Kemampuan dasar yang perlu dikembangkan siswa untuk dapat berpikir kritis adalah kemampuan analytical thinking. Permasalahan saat ini menunjukkan kemampuan analytical thinking siswa masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan analytical thinking siswa dengan mengimplementasikan pendekatan ecopedagogy melalui model CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan ecopedagogy melalui model CTL terhadap kemampuan analytical thinking siswa SMA pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian merupakan siswa kelas X SMAN 8 Muaro Sabak Barat. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling, berdasarkan teknik ini maka sampel penelitian adalah kelas X E2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E5 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah skor pre-test dan post-test kemampuan analytical thinking siswa yang diukur dengan instrumen tes berbentuk essai. Selanjutnya, data hasil penelitian dianalisis dengan uji prasyarat yaitu normalitas, homogenitas, linieritas, homogenitas koefisien regresi dan uji hipotesis menggunakan uji one way ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan ecopedagogy melalui model CTL berpengaruh sedang terhadap kemampuan analytical thinking siswa berdasarkan uji one way ancova [F(1,67) = 4,681, p = 0,034, partial eta squared = 0,067] nilai p < 0,05. Hasil persentase ketercapaian masing-masing indikator pada kelas eksperimen yakni membedakan (84%), mengorganisasikan (81%) dan menghubungkan (85%). Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan ecopedagogy melalui model CTL cukup efektif dalam mengembangkan kemampuan analytical thinking siswa pada pembelajaran biologi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analytical Thinking, Contextual Teaching And Learning (CTL), Ecopedagogy |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | CHRISTINE ABIGAIL DAMANIK |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:43 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |