PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENULIS TEKS CERITA FABEL

Sinaga, Kristina Br (2025) PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENULIS TEKS CERITA FABEL. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (274kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel pada siswa SMP. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan menulis siswa dalam menulis teks cerita fabel. Video animasi dipilih sebagai alat pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian Pre Eksperimental Design. Adapun jenis penelitian dari Pre Eksperimental Design, yaitu One-Group Pretes Posstest Design. Dalam penelitian ini penulis melibatkan 1 kelompok dan tanpa adanya kelas kontrol. Data dalam penelitian ini hasil pretest dan posttest siswa dalam menulis teks cerita fabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Proses perhitungan dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan program SPSS. Hasil perhitungan menggunakan data pretest dan posttest pada SPSS menunjukkan perbedaan yang signifikan. Dengan perolehan nilai dari uji normalitas pretest 0,092 posttest 0,071 dan perolehan nilai uji homogenitas 0,965. Perhitungan dari uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test , data pretest memiliki rata-rata nilai 67,66 dan nilai posttest memiliki nilai rata-rata 80,47. Dengan keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, berdasarkan hasil dinyatakan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan siswa SMP kelas VII dalam menulis teks cerita fabel.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video animasi, menulis, teks cerita fabel.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: KRISTINA BR SINAGA
Date Deposited: 18 Jun 2025 01:47
Last Modified: 18 Jun 2025 01:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79972

Actions (login required)

View Item View Item