Rahmayanti, Wiga and Indryani, Indryani and Destrinelli, Destrinelli (2025) PENCAPAIAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK BERDASARKAN RAPOR SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI SDN 062 KOTA JAMBI). S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan dan Persetujuan.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
Wiga Rahmayanti_P2A623035.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmayanti, Wiga. 2025. Pencapaian Literasi Membaca Peserta Didik Berdasarkan Rapor Satuan Pendidikan Sekolah (Studi Kasus di SDN 062 Kota Jambi). Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I. (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan pelaksanaan pembelajaran literasi membaca serta permasalahan literasi dalam pembelajaran di SDN 062 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 062 Kota Jambi pada fase B dan C. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data pada penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian literasi membaca peserta didik SDN 062 Kota Jambi berdasarkan rapor satuan pendidikan sekolah masih berada pada kategori sedang. Literasi tersebut memuat lima subindikator yaitu kompetensi membaca teks informasi, kompetensi membaca teks sastra, kompetensi mengakses dan menemukan isi teks, kompetensi menginterpretasi dan memahami isi teks, serta kompetensi mengevaluasi dan merefleksikan isi teks. Pelaksanaan literasi terkait hal tersebut yaitu pembiasaan membaca 15 menit sebelum belajar, pemberian motivasi, kunjungan perpustakaan sekolah, pemanfaatan pojok baca, pemanfaatan teknologi, dan pelibatan orang tua dalam rangka menumbuhkan minat baca peserta didik. Cara selanjutnya melalui kegiatan membaca secara bergantian, menemukan ide pokok, kata kunci, pemahaman kosakata baru, pembuatan peta pikiran, penyampaian pesan atau informasi dalam teks, kegiatan diskusi, pemberian pertanyaan pemantik, penguraian sebab akibat, penyampaian opini, serta perumusan kesimpulan. Permasalahan literasi yang ditemukan yaitu kurangnya minat baca peserta didik, kesulitan membaca, menemukan informasi, mengidentifikasi kata kunci, mengartikan kosakata baru, memahami isi teks, scanning dan skimming. Peserta didik juga mudah kehilangan fokus, kurangnya pemahaman terhadap opini dan fakta, keterampilan menyampaikan pendapat atau hasil evaluasi, serta kurangnya keterampilan dalam merefleksikan isi teks. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan literasi terkait kompetensi membaca teks informasi, kompetensi membaca teks sastra, kompetensi mengakses dan menemukan isi teks, kompetensi menginterpretasi dan memahami isi teks, serta kompetensi mengevaluasi dan merefleksikan isi teks yang dilakukan disekolah tidak luput dari permasalahan. Temuan ini menjadi bahan refleksi bagi sekolah untuk membuat suatu perencanaan terkait pelaksanaan literasi membaca peserta didik serta perlunya kerjasama antara kepala sekolah, guru, dan peserta didik untuk mengatasi permasalahan yang ada. Kata Kunci: Literasi, Rapor Satuan Pendidikan
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Rapor Satuan Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | WIGA RAHMAYANTI |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:51 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |