Wulandari, Sundari (2025) Hubungan Rasionalitas Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Dan Gaya Hidup Modern Generasi Z Pada Masyarakat Desa sungai Rambai. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (734kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena meningkatnya perilaku konsumtif dan pergeseran gaya hidup modern di kalangan Generasi Z, di desa Sungai Rambai, Kabupaten Tebo. Generasi ini cenderungan melakukan konsumsi yang tidak sepenuhnya di dasarkan pada kebutuhan rasional, melainkan dipengaruhi oleh tren, media sosial, dan tekanan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan anatara rasionalitas ekonomi terhadap perilaku konsumtif generasi z di desa sungai rambai dan hubungan antara rasionalitas ekonomi terhadap gaya hidup modern generasi z di desa sungai rambai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal komparatif (Causal Comparative) statistik deskritif, Tingkat Capaian Responden (TCR). Data di kumpulkan melalui kuisioner dengan responden sebanyak 195 orang dari total populasi 380 orang generasi z di Desa Sungai Rambai. Teknik analisis data di lakukan dengan korelasi Gamma(G) dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistik 25. Hasil penelitian terhadap variabel Rasionalitas Ekonomi (X) rata-rata skor responden adalah 3,923 dengan TCR 78,4% dan berada pada kategori cukup, Hasil penelitian terhadap variabel Perilaku Konsumtif (Y1) rata-rata skor responden adalah 3,831 dengan TCR 76,61% dan berada pada kategori cukup, Hasil penelitian terhadap variabel Gaya Hidup Modern (Y2) rata-rata skor responden adalah 3,64 dengan TCR 72,8% berada pada kategori cukup dan hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara rasionalitas ekonomi terhadap perilaku konsumtif (nilai signifikansi 0,000 dan koefisien gamma 0,240), meskipun hubungan tergolong lemah. Ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi rasionalitas ekonomi seseorang, maka konsumsi cenderung lebih terencana. Sebaliknya, tidak ditemukan hubungan signifikan antara rasionalitas ekonomi dan gaya hidup modern (nilai signifikansi 0,883 dan gamma 0,008), yang menunjukkan bahwa gaya hidup generasi Z lebih banyak dipengaruhi oleh faktor sosial dan budaya. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa rasionalitas ekonomi memiliki peran dalam membentuk perilaku konsumtif yang lebih terkontrol, namun tidak cukup untuk menjelaskan kompleksitas gaya hidup modern Generasi Z. This research is motivated by the phenomenon of increasing consumer behavior and shifts in modern lifestyles among Generation Z, in Sungai Rambai Village, Tebo Regency. This generation tends to consume not entirely based on rational needs, but is influenced by trends, social media, and social pressure. The purpose of this study is to analyze the relationship between economic rationality and consumer behavior of Generation Z in Sungai Rambai Village and the relationship between economic rationality and the modern lifestyle of Generation Z in Sungai Rambai Village. This study uses a quantitative approach with a causal comparative design (Causal Comparative) descriptive statistics, Respondent Achievement Level (TCR). Data were collected through a questionnaire with 195 respondents from a total population of 380 Generation Z people in Sungai Rambai Village. The data analysis technique was carried out using Gamma correlation (G) with the help of IBM SPSS Statistics 25 application. The results of the study on the Economic Rationality variable (X) the average score of respondents was 3.923 with a TCR of 78.4% and was in the sufficient category, The results of the study on the Consumptive Behavior variable (Y1) the average score of respondents was 3.831 with a TCR of 76.61% and was in the sufficient category, The results of the study on the Modern Lifestyle variable (Y2) the average score of respondents was 3.64 with a TCR of 72.8% in the sufficient category and the results of the study showed a significant positive relationship between economic rationality and consumptive behavior (significance value 0.000 and gamma coefficient 0.240), although the relationship was relatively weak. This indicates that the higher a person's economic rationality, the more planned consumption tends to be. On the other hand, no significant relationship was found between economic rationality and modern lifestyle (significance value 0.883 and gamma 0.008), indicating that Generation Z's lifestyle is more influenced by social and cultural factors. The conclusion of this study confirms that economic rationality has a role in shaping more controlled consumer behavior, but is not enough to explain the complexity of Generation Z's modern lifestyle.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rasionalitas Ekonomi, Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup Modern, Generasi Z |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | WULANDARI |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:14 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |